DPRD Surabaya Usulkan Lokasi CFD Ditambah

DPRD Surabaya Usulkan Lokasi CFD Ditambah Anggota DPRD Surabaya Ghofar Ismail. (Foto: Istimewa)

DPRD Kota Surabaya mengusulkan ke Walikota Eri Cahyadi untuk menambah lokasi car free day di Kota Pahlawan. Khususnya untuk lokasi CFD ngabuburit jelang berbuka puasa. 

Bagi anggota Komisi A DPRD Surabaya Gofar Ismail, penambahan lokasi CFD di Kota Surabaya harus dilakukan untuk mengurai pengunjung yang datang. Sebab saat ini masih dalam pandemi Covid-19. Maka jangan sampai ada penumpukan di satu titik lokasi. 

"Kami meminta Pemkot tambah lokasi. Jelas, untuk hindari kerumunan dan penumpukan pengunjung jika hanya dibebankan di satu lokasi," kata Gofar, Jumat (8/4/2022). 

Jika berjalan sesuai rencana, Pemkot Surabaya akan menerapkan CFD di dua lokasi ketika menjelang buka puasa. Yakni di Jalan Darmo dan Jalan Tunjungan. Upaya itu dilakukan untuk memberikan ruang terbuka bagi warga ngabuburit dan berkumpul. 

Tak hanya itu, CFD diberlakukan di dua lokasi itu untuk mengangkat ekonomi warga khususnya para UMKM di Kota Surabaya. Dengan CFD, Pemkot berharap roda ekonomi di sektor bawah bisa bergerak lebih cepat dan mensejahterahkan warga di tengah pandemi. 

Maka dari itu bagi Gofar, agar kegiatan itu tak tersentralisasi dan bisa dirasakan seluruh elemen warga Surabaya, maka CFD harus bisa dilakukan di lokasi lainnya. Jika memungkinkan merata di setiap kecamatan. Sehingga orang dari Surabaya timur tak harus ke Tunjungan atau Darmo, begitu pula warga Surabaya Barat, Selatan, dan Utara. 

"Niatnya kan sudah baik untuk kebangkitan UMKM dan menggerakkan roda ekonomi. Nah setiap kecamatan itu punya data basis UMKM mereka, jadi malah jauh lebih baik jika CFD digelar di setiap kecamatan. Memecah keramaian di satu titik dan meratakan acara CFD itu," katanya.