Rawat Ekosistem Kesenian di Jatim, DKJT Gelar Sayembara Buku Puisi 2021

Rawat Ekosistem Kesenian di Jatim, DKJT Gelar Sayembara Buku Puisi 2021 Istimewa

Dewan Kesenian Jawa Timur (DKJT) terus berupaya menghidupi marwah seni dan sastra di Jawa Timur. Meski di tengah gempuran pandemi Covid-19, tidak menjadi rintangan untuk terus menggali potensi SDM masyarakat Jatim di bidang kesusastraan.

Melalui Departemen Sastra, DKJT memberikan kesempatan masyarakat Jatim untuk meperebutkan hadiah dengan melombakan karangan puisinya  melalui sayembara Buku Puisi 2021.

Tidak tanggung-tanggung, acara ini memberikan hadiah jutaan rupiah bagi pemenangnya. "Kami juga akan mencetak karya bagi pemenang lomba. Nantinya DKJT sendiri yang akan mempubikasi karya tersebut," kata Koordinator Departemen Sastra Indra Tjahyadi, Jumat (16/7/2021).

Indra menuturkan, acara tersebut merupakan program pemberian dukungan dalam bentuk biaya dan pendampingan dalam produksi penerbitan dan pertunjukan buku puisi melalui kompetisi manuskrip buku puisi.

"Meskipun di era pandemi seperti saat ini masih banyaknya karya-karya yang masuk pada team kami," tutur Indra.

Ia mengatakan, sastrawan Jatim begitu antusias terhadap sayembara buku puisi Ini. "Bisa dilihat penyair dan sastrawan Jawa Timur tidak berhenti dalam berkarya, mereka tetap produktif dalam situasi dan kondisi apapun," lanjutnya.

Lebih lanjut, menurutnya, hal ini yang perlu perhatikan dan dijaga bersama adalah sebuah ekosistem tumbuhnya penyair dan sastrawan dengan potensi yang luar biasa.

"Tugas berat dari Departemen Sastra Dewan Kesenian Jawa Timur adalah menjaga ekosistem yang luar biasa ini. Sayembara buku puisi ini telah dan akan terus konsisten dilakukan oleh Departemen Sastra di dalam rangka sehingga penyair dan sastrawan Jawa Timur yang demikian banyak dapat terakomodasi dan terdokumentasi keberadaannya," ujarnya.