Tidak Ada Incumbent, Pilpres 2024 Munculkan 4 Kandidat

Tidak Ada Incumbent, Pilpres 2024 Munculkan 4 Kandidat Ilustrasi (foto istimewa)

Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dipastikan tanpa petahana yang membuat peluang banyak calon kandidat bermumculan. Hal ini diungkap oleh Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin.

"Karena syaratnya 20 persen maka kemungkinan maksimal ada empat pasangan calon. Karena tak ada incumbent. Jadi para capres dan cawapres yang saat ini sudah bergerilya akan maju dan bertarung di Pilpres 2024," ujarnya saat dihubungi, Jumat (7/5/2021).

Analis politik asal Universitas Al Azhar Indonesia ini menambahkan, pada pilpres mendatang siapa pun berpotensi menang. Terkait gambaran siapa saja yang berpasangan, dia menjabarkan masih cukup dinamis. Sebab semua masih tebar pesona ke rakyat.

"Simulasi itu bisa kelihatan jika popularitas dan elektabilitas para capres dan cawapres sudah tinggi," jelas Ujang.

Tiap pasangan tambah dia, mesti rasional dan ingin berpotensi menang, maka masing-masing tokoh secara personal masih melakukan strategi politik yang efektif. "Jadi saya masih belum bisa melihat simulasi calon dengan pas. Karena mereka masih jalan untuk naikan popularitas dan elektabilitasnya," tandasnya.