Airlangga: Korupsi Menghambat Investasi dan Pembukaan Lapangan Kerja

Airlangga: Korupsi Menghambat Investasi dan Pembukaan Lapangan Kerja Airlangga Hartarto (Foto: istimewa)

Praktik tindak pidana korupsi berdampak besar menghambat pertumbuhan ekonomi. Karenanya menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, pemerintah terus melakukan upaya untuk melakukan pencegahan korupsi dan bisa menekan praktiknya di lapangan.

Airlangga menyebut praktik korupsi sangat merugikan masyarakat dan bangsa. "Upaya pencegahan korupsi di lingkungan ini menjadi penting," kata Airlangga, Selasa (13/4/2021). Apalagi korupsi tak hanya menghambat laju investasi pertumbuhan ekonomi namun juga pembukaan lapangan kerja.

Menurut dia, strategi pemberantasan korupsi sangat penting karena memberi acuan baik di kementerian atau lembaga dan pemerintah darerah. Hal ini tertuang dalam Undang-Udang 7/2006 dan Perpres. "Strategi pencegahan korupsi bisa jadi acuan seluruh organisasi lembaga di negeri ini," bebernya.

Ia menyatakan bahwa sejumlah kebijakan pemerintah telah fokus pada upaya pencegahan korupsi.Dalam hal ini, ia menyebutkan salah satunya adanya UU CIpta Kerja. "Para pemangku kepentingan gunakan peta dengan format berbeda beda sehingga timbulkan permasalahan sengketa tanah dan pelaksanaan pembangunan yang tidak sesuai dengan tata ruang," jelasnya.

Sumber: SindoNews.com