Bantu Korban Bencana Banjir NTT, PSI Gelar Aksi Donasi di 5 Titik Surabaya

Bantu Korban Bencana Banjir NTT, PSI Gelar Aksi Donasi di 5 Titik Surabaya Anggota komisi D DPRD Surabaya Tjutjuk Supariyono turun kejalan dalam aksi Galang dana untuk korban NTT (foto : Aditya/ininusantara.com)

Bencana banjir bandang yang terjadi pada 4 April 2021 di beberapa kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menimbulkan kerugian serta kesengsaraan terhadap warga yang terdampak.

Bukan cuma korban jiwa, tetapi kerugian secara materi pun dialami ribuan masyarakat yang menjadi korban. Hal ini membuat segenap kompenen masyarakat di Tanah Air melakukan gerakan sosial untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak.

Segenap pengurus DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) atas instruksi dari DPW PSI Jawa Timur, dengan mengatasnamakan PSI peduli NTT melaksanakan penggalangan donasi bagi mereka yang terdampak banjir bandang.

Partai Solidaritas Indonesia berkerjasama dengan Keluarga Besar NTT yang berada di Surabaya bahu membahu untuk menggalang dana bagi korban yang terdampak banjir bandang di Flores Timur, Adonara-Lembata.

Kegiatan penggalangan dana ini dilaksanakan di 5 titik lampu merah yakni Giant Tegalsari, Jalan Demak, Unesa, Karah, dan Merr Surabaya. Sabtu (10/4/2021).  Kegiatan itu berlangsung pada pukul 15.00 – 18.00 WIB dengan estimasi massa 15 orang.

Kordinator Lapangan yang juga anggota Komisi D DPRD Surabaya Tjutjuk Supariyono memberikan arahan sebelum masa bergerak menuju titik aksi. “Teman-teman sekalian, kehadiran kita semua di sini dan gerakan kita hari ini adalah atas dasar kemanusiaan. Kita ingin membantu saudara-saudari kita di NTT yang terdampak banjir bandang,” ujar Legislator PSI ini.

Usai memberikan arahan, semua peserta bergegas menuju titik aksi yang telah dibagi. Kegiatan yang berlangsung tiga jam berjalan kondusif dan mendapat apresiasi positif dari masyarakat.

Ia menambahkan bahwa aksi galang dana semata-mata hanya untuk membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang berada di Flores Timur, khususnya di daerah Adonara-Lembata

" Aksi Galang dana bagi saudara-saudara kita korban banjir bandang di Flores Timur khususnya di daerah Adonara-Lembata dilaksanakan selama dua hari Sabtu-Minggu ," imbuhnya.

Ketika ditanya mengenai prosedur penyerahan dana korban banjir bandang ini, politisi PSI ini mengatakan akan menyerahkan langsung kepada korban di Flores Timur NTT. "Besok kita akan hitung bersama-sama, kita diundang di arisan keluarga NTT. Kami akan berkumpul di sana dan berapa pun hasil donasi yang terkumpul kita akan serahkan. Donasi ini tidak hanya berupa uang, melainkan ada sejumlah barang yang dibutuhkan oleh mereka seperti selimut, baju, perlengkapan bayi, obat-obatan, serta kebutuhan pokok," tutupnya.