Meski Pandemi, Pedagang Sarung di Ampel Perbanyak Stok untuk Pembeli

Meski Pandemi, Pedagang Sarung di Ampel Perbanyak Stok untuk Pembeli Pedagang Ampel Surabaya Ali Zainal Abidin (foto : Aditya /ininusantara.com)

Tiga hari menjelang bulan Ramadhan 2021, para pedagang perlengkapan ibadah dan Al-Qur'an di pasar Ampel menyediakan stock yang sangat banyak. Sebab menurut mereka, perlengkapan ibadah dan Al-Qur'an merupakan kebutuhan penting di saat memasuki bulan suci Ramadhan, dan paling banyak dicari oleh pembeli.

Alasannya karena banyak masjid yang akan mengganti Al-Qur'an yang sudah lusuh dengan yang baru, serta mengganti sarung dan mukena yang sudah lama dengan yang baru.

Pedagang perlengkapan ibadah Ali Zainal Abidin mengatakan, menjelang Ramadhan dirinya sudah siap banyak stok untuk berdagang di bulan ramadhan. "Yang paling sering dibeli disini adalah sarung dan mukena, terkadang ada juga yang membeli Al-Qur'an," kata Ali, Jumat (9/4/2021).

Ali menambahkan, ia juga menyuplai sarung dan mukena serta Al-Qur'an di luar Surabaya, seperti Sumatera, Jakarta, dan Kalimantan. Di kawasan wisata religi Ampel sendiri, ia memiliki tiga toko. Dagangannya juga sama. Perlengkapan ibadah. "Hampir seluruh Indonesia saya suplai," terangnya.

Meski begitu, Ali tak memungkiri di tengah Pandemi Covid-19 sirkulasi cashflow dagangannya menurun. Namun itu bukan alasan bagi dia untuk merumahkan para karyawan, apalagi memotong gaji karyawan.

"Memang omzet yang saya hasilkan menurun tapi untuk hak dari karyawan jangan sampai terabaikan. Itu sama saja saya memotong rezeki mereka," jelasnya.

Ia berharap pandemi covid-19 bisa segera usai, dan geliat perdagangan kembali normal.