Bangkitkan Perekonomian, Dekranasda Gelar Pameran Batik Bordir dan Aksesoris

Bangkitkan Perekonomian, Dekranasda Gelar Pameran Batik Bordir dan Aksesoris Gubernur Khofifah dan Ketua Dekranasda Jatim Arumi Bachim melihat stan pameran. (Foto: Totok/ininusantara.com)

Wadahi pengrajin lokal, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Timur menggelar pameran batik bordir dan aksesoris di Mall Grand City Surabaya, Rabu (24/3/2021). Agenda ini diikuti banyak pengrajin. Total ada 85 stand dari berbagai daerah yang ikut berpartisipasi memamerkan hasil karyanya.

Ketua Dekranasda Jatim Arumi Bachsin mengatakan, pameran ini untuk mewadahi para pengrajin agar kebih progres dalam memasarkan hasil karyanya. Perekonomian masyarakat sedikit banyak akan terbantu jika produk para pengrajin banyak dikenal dan laku di pasaran.

“Sebab pengrajin juga menjadi salah satu yang terdampak selama pandemi ini. Untuk itu kami wadahi supaya dapat meningkatkan ekonomi UMKM,” kata Arumi. Tidak hanya itu, istri Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak tersebut menyebutkan, pameran juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk pengrajin.

Yakni dengan saling bertukar pikiran antara para pengrajin satu dengan yang lainnya. Peningkatan kualitas produk nantinya diharapkan pameran ini dapat memberi stimulan agar banyak yang membeli. “Kecintaan pada produk indonesia, bangga buatan indonesia, jadi optimis sekali antusias dari masyarakat juga baik kita tidak hanya menggelar offline tetapi juga online,” katanya.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa pameran ini untuk mendorong agara masyarakat untuk lebih mencintai produk buatan Indonesia. “Bangga buatan Indonesia itulah yang sesungguhnya menjadi program nasional sejak Agustus yang lalu. Jadi kalau kita lihat produk ini adalah sebuah produk kreatif, ekotif (ekonomi kreatif) jadi pintu dimana diharapkam menjadi pembuka kebangkitan bagi ekonomi UMKM di Jatim,” kata Khofifah.