Tiga Motif Jadi Pembeda Ciri Khas Batik Madura

Tiga Motif Jadi Pembeda Ciri Khas Batik Madura Istimewa

Batik Madura ramai diperbincangkan netizen Indonesia akhir-akhir ini. Ini terjadi setelah Presiden Indonesia Joko Widodo mengenakan pakaian batik madura ketika memberikan sambutan dalam pembukaan kongres Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI).

Sehingga banyak yang penasaran, dengan mencari apa keunggulan dan kekhasan batik Madura. Salah satunya yang menjadikan batik Madura menjadi perhatian lebih, penggunaan warna yang lebih tajam di banding batik khas daerah lain.  Selain itu, motifnya juga mempunyai pakem sendiri.

Ada tiga motif yang biasa terlihat dan menjadi ciri khas batik Madura. Ciri khas ini seperti motif lancor, serat kayu, dan pancawarna.

Untuk motif lancor, biasa juga disebut dengan batik Pamekasan karena terinspirasi pada menara yang berada di alun-alun Pamekasan. Batik motif ini merupakan batik yang dibuat pada kain kondang atau premis.

Keunikan batik tulis Pamekasan terletak pada warnanya yang tajam dengan motif bunga atau daun. Dalam pewarnaannya, batik ini menggunakan pewarna yaitu naptol untuk warna biru, dan merah. Pewarna remasol untuk warna kuning, merah mawar, merah muda, biru langit, dan lainnya. 

Untuk motif serat kayu, kerap disebut batik kualitas sedang yang dibuat di Kecamatan Proppo bagian selatan. Batik ini menggunakan bahan pewarna premis dan soul. Batik motif serat kayu menonjolkan motif berupa garis-garis yang bengkok sehingga menyerupai serat yang muncul pada permukaan kayu. Motif ini sangat unik dan berbeda dari motif lainnya, karena motifnya seperti retakan yang halus mirip dengan tekstur kayu. Sedangkan motif pancawarna, bercirikan penggunaan kombinasi warna dalam gradasi yang unik dan bersinar dengan motif yang sederhana.

Keindahan warnanya membuat batik dengan motif ini menjadikan salah satu keistimewaan batik khas Madura. Corak dasar motif batik ini, abstrak yang menyatu sempurna dengan motif bunga. Kalau kamu sedang membutuhkan kain warna-warni yang indah, kamu bisa memilih motif batik ini sebagai andalanmu.