Menpora: PON XX di Papua Tetap Digelar Tahun Ini

Menpora: PON XX di Papua Tetap Digelar Tahun Ini Menpora Zainuddin Amali ketika meninjau Stadion Papua Bangkit yang bakal jadi venue utama PON XX Papua tahun ini.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali memastikan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua, tetap digelar tahun ini setelah tertunda akibat pandemi Covid-19 pada 2020. Karena itu, penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat dijadikan persyaratan utama.

Pelaksanaannya kemungkinan setelah gelaran Olimpiade Tokyo yang berlangsung pada Juli-Agustus 2021. Hal ini untuk mempelajari standar operasional prosedur (SOP) multi even di masa pandemi Covid-19 untuk diterapkan selama PON.

“Kita akan lihat penerapannya (Olimpiade Tokyo) seperti apa. Protokol Kesehatan tentu akan menjadi penting dan harus dilakukan dengan disiplin,” ujarnya, Senin (15/3/2021).

Presiden Jokowi, kata Menpora, juga berpesan agar seluruh kontingen PON XX hingga masyarakat di lokasi pertandingan divaksin sebelum pelaksanaan pertandingan untuk memastikan seluruh pihak yang terlibat dalam PON XX aman.

"Bahkan Bapak Presiden juga mengarahkan agar masyarakat di sekitar venue itu divaksin, dan memastikan bahwa pada bulan Oktober nanti mereka semua sudah tervaksin," pungkas Zainudin.