DPRD Kota Surabaya Bakal Sidak PT Gorom Kencana

DPRD Kota Surabaya Bakal Sidak PT Gorom Kencana Anggota Komisi D DPRD Kota Surabaya Badru Tamam. (foto : Aditya/ininusantara.com)

Menindaklanjuti demo karyawan PT Gorom Kencana, pabrik rempah-rempah yang berlokasi di Jalan Tanjungsari, Komisi D DPRD Kota Surabaya berencana sidak ke lokasi.

Anggota komisi D Badru Tamam mengatakan, sebenarnya dewan sudah beberapa kali melakukan mediasi. Namun, hal itu mentah karena yang datang bukan level pengambil kebijakan seperti direktur atau general manager (GM). 

"PT Gorom Kencana hanya mengirim wakil yang statusnya karyawan saja. Tidak pernah direktur atau GMnya atau yang memiliki kebijakan persoalan buruh PT Gorom Kencana ini," terang Badru, Jumat (5/3/2021).

"Mungkin pekan depan kami akan datangi pabrik dan kantor PT Gorom Kencana," tambahnya setelah menerima perwakilan buruh PT Gorom Kencana.

Sehari sebelumnya, ada aksi demo tolak PHK bagi karyawan kontrak PT Gorom Kencana di depan Gedung DPRD Kota Surabaya. Salah satu tuntutan mereka, mempekerjakan kembali buruh yang di-PHK sepihak. Badru menyebutkan, ketua komisi D Khusnul Khotimah sudah memerintahkan untuk mendatangi manajemen. Kalau bisa menemui bosnya langsung agar permasalahan dengan buruhnya bisa dicarikan solusi terbaik.

" Tidak apa-apa kami yang akan mendatangi pabrik PT Gorom Kencana sendiri. Ini demi tuntutan buruh yang diabaikan oleh pihak manajemen PT Gorom. Untuk persoalan hak asasi buruh kami tegas, karena sebagai wakil rakyat tentu membela kepentingan rakyat,” tegas politisi PKB ini.

Badru Tamam menambahkan, untuk tuntutan buruh merupakan wewenang Disnaker Jatim. Seperti diketahui, Kamis(4/3/2021) siang, ratusan buruh PT Gorom Kencana melakukan aksi demo tolak pemecatan buruh kontrak di depan gedung DPRD Kota Surabaya.

Dari aksi demo tersebut, lima orang perwakilan buruh diterima audensi dengan anggota Komisi D DPRD Kota Surabaya untuk menyampaikan aspirasinya.