Menteri PMK ke PMI Surabaya, Tinjau Donor Plasma Kovalesen

Menteri PMK ke PMI Surabaya, Tinjau Donor Plasma Kovalesen Menko PMK Muhadjir Effendy beserta Mensos Tri Rismaharini. (Foto: Aditya/ininusantara.com)

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan kunjungan kerja ke Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya. Selasa (16/2/2021).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Muhadjir didampingi oleh Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Dalam kunjungan kerja tersebut, secara simbolis Muhadjir memberikan penghargaan terhadap pendonor plasma konvalesen yang sudah melakukan donor plasma minimal sepuluh kali.

"Stok secara nasional saat ini 159 kantong dengan berbagai jenis golongan darah. Yang antre, nasional, 626 orang. Yang sudah berhasil dibagikan lebih dari 17 ribu orang,” ujarnya.

Salah satu faktor yang menyebabkan masih kurangnya jumlah plasma konvalesen ini karena, tidak semua penyintas Covid-19 bisa dan mau mendonorkan plasmanya.

Setidaknya ada beberapa kriteria yang perlu dipenuhi. Faktor golongan darah juga menjadi penentu. Karena faktor inilah tidak semua pasien Covid-19 yang membutuhkan dengan mudah bisa mendapatkan plasma konvalesen. Golongan darahnya harus sesuai.

Oleh sebab itu, menurut Muhadjir meminta para penyintas Covid-19 agar tetap bersedia datang ke PMI atau rumah sakit yang sudah menyediakan fasilitas donor konvalesen.

"Saya mengimbau untuk para penyitas Covid-19 agar tetap bersedia untuk datang ke PMI atau rumah sakit yang sudah menyediakan fasilitas donor konvalesen untuk mendonorkan plasmanya," katanya.