Segera. Pemerintah Buka Pendaftaran CPNS 2018

Segera. Pemerintah Buka Pendaftaran CPNS 2018 Menpan-RB, Asman Abnur. (foto: net)

kitanusantara – Kabar menggembirakan datang dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Tahun ini, pemerintah akan kembali membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk tahun 2018. Ini disampaikan Asman Abnur selaku Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Kemungkinan akan kita buka lagi," kata Asman di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (3/1/2018) kemarin.

Namun, Asman belum bisa memastikan berapa banyak lowongan yang tersedia dan untuk formasi apa saja. Karena, Kemenpan-RB masih menunggu data yang disampaikan setiap kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Formasi CPNS yang dibuka akan disesuaikan terlebih dulu dengan anggaran negara. "Lagi dihitung anggarannya," ujar Asman kepada media.

Asman menyadari, saat ini sudah banyak masyarakat yang mencari informasi mengenai rekrutmen CPNS 2018 melalui internet. Meski begitu, dirinya meminta masyarakat untuk bersabar dan menunggu pengumuman resmi dari Kemenpan-RB. "Nanti kalau sudah selesai akan kita umumkan," imbuh dia.

Sebelumnya, dalam sebuah kunjungan kerja di Batam, medio Nopember 2017 silam, Asman menegaskan jika dalam rekrutmen kali ini, akan dilakukan secara profesional. Sebab rekrutmen CPNS dilakukan dengan sistem tes terbuka. Ini dilakukan guna perbaikan kualitas dan mutu aparatur sipil negara (ASN) itu sendiri.

"Pejabat juga tidak boleh membackingi atau menitip CPNS yang akan direkrut 2018 mendatang. Kalau kedapatan akan diberikan sanksi kepada pejabatnya dan CPNS nya diangap gugur," tegas Asman.

Karena itu, Asman mengimbau agar calon peserta CPNS se-Indonesia mulai mempersiapkan diri dari sekarang.

"Jangan berharap bahwa ada yang bisa membantu lolos, yang bisa membantu Anda adalah kemampuan Anda sendiri. Sekarang tesnya terbuka, begitu tes hasilnya (nilai tes, red) langsung kelihatan," jelas dia.

Nantinya dalam rekrutmen, lanjut Asman, pihaknya akan menyeleksi betul pendidikan para CPNS yang lolos sehingga hasil yang didapat betul-betul profesional.

"Para CPNS itu nantinya ditempatkan sesuai dengan latar belakang pendidikan. Dengan begitu pelayanan publik semakin baik dan ini menjadi ciri khas CPNS yang nantinyan menjadi ASN kita," ungkap dia.

Untuk diketahui, pada 2017 lalu, pemerintah membuka pendaftaran CPNS di 60 Kementerian/Lembaga dan 1 pemerintah provinsi. Rinciannya, 17.428 formasi CPNS kementerian/lembaga dan 500 formasi CPNS Pemprov Kalimantan Utara. (den-cb)