Hari Ini, KA Komuter Sidoarjo–Indro/Gresik Mulai Beroperasi

Hari Ini, KA Komuter Sidoarjo–Indro/Gresik Mulai Beroperasi Stasiun Indro Gresik (foto : istimewa)

Sesuai dengan pemberlakuan Gapeka (Grafik Perjalanan Kereta Api) 2021, terhitung mulai pada hari ini, 10 Februari 2021, akan ada layanan perjalanan KA Komuter relasi terbaru yang menghubungkan Kota Sidoarjo (Stasiun Sidoarjo) dengan Kabupaten Gresik (Stasiun Indro), dimana perjalanan KA Komuter tersebut dalam sehari berjalan satu kali pulang pergi dengan tarif sebesar Rp 5.000.

Setiap harinya, KA Komuter relasi Sidoarjo–Indro (KA 678 – 679) berangkat dari Stasiun Sidoarjo pada jam 10:00 WIB dan tiba di Stasiun Indro jam 12:11. Selanjutnya, KA Komuter relasi Indro-Sidoarjo (KA 680 – 677) berangkat dari Stasiun Indro jam 12:40 WIB dan tiba di Stasiun Sidoarjo jam 14:40 WIB.

Rangkaian KA Komuter ini terdiri dari empat gerbong kereta jenis kereta rel diesel Indonesia (KRDI), dengan kapasitas daya angkut sesuai dengan protokol kesehatan sebanyak 186 penumpang.

Pengoperasionalan KA Komuter ini tetap menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 secara ketat, sehingga para penumpang harus mematuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Adapun persyaratan protokol kesehatan bagi penumpang KA jarak dekat/lokal di antaranya:

1. Mengunakan Masker.

2. Membawa hand sanitizer.

3. Tidak boleh berbicara di dalam kereta.

4. Melakukan cuci tangan di tempat yang telah disediakan di stasiun.

5. Jaga jarak (physical distancing).

6. Dalam kondisi sehat dan tidak terdapat gejala influenza, batuk, demam dan /atau sesak nafas.

7. Proses boarding dilakukan secara mandiri disaksikan oleh petugas boarding dan menunjukkan tiket dan identitas yang sah, kecuali tiket go show yang tidak tertera data penumpang.

8. Menempati tempat duduk yang tertera di dalam tiket atau tempat yang telah disediakan dan dilarang menempati tempat duduk yang telah diberi tanda khusus.

9. Diimbau agar mengunakan baju lengan panjang atau jaket.

10. Jika dalam perjalanan terdapat penumpang dengan gejala covid, gejala influenza atau suhu badan > 37.3 derajat celcius, maka akan diturunkan di stasiun terdekat untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan oleh dokter.

11. Tidak perlu dilengkapi dengan Surat Bebas Covid-19.

“Diharapkan dengan adanya pengoperasionalan KA Komuter Relasi Stasiun Sidoarjo – Stasiun Indro ini dapat membantu mobilitas serta membangkitkan perekonomian di wilayah sekitarnya, dengan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19 secara ketat, “ pungkas Luqman Arif, Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya. Rabu (10/2/2021).