Goa Payudan, Saksi Bisu Para Tokoh Sakti Nusantara

Goa Payudan, Saksi Bisu Para Tokoh Sakti Nusantara Wisatawan dari berbagai daerah yang mengunjungi Goa Payudan, wajib berhato-hati karena lantai goa kerap licin. (Foto Istimewa)

"Dhe' bhere' deri Ghending, bere' lheje na Luk-Ghuluk, bhede settong ghua rajhe, asma epon Ghua Payudan" syair bahasa Madura ini menjadi syair penting bagi masyarakat Sumenep.

Syair ini mengisahkan goa legendaris, Payudan. Goa yang konon menjadi tempat bertapa banyak orang sakti. Baik tokoh lokal maupun tokoh nasional, seperti Putri Kuning, Joko Tole, Ke' Lesap, Bhuju' Lattong sampai ke Bapak Proklamator Indonesia Soekarno pernah bertapa di goa ini.

Gua ini menjadi saksi bisu, perjalan spiritual mereka yang kelak menjadi tokoh Nusantara. Putri kuning salah satu putri raja Sumenep kala bergelar Pangeran Soccadiningrat II, menjadi pembuka terkenalnya tempat petapaan ini. Ibunda Joko Tole ini bersemedi menyucikan dan mendekatkan diri ke Yang Maha Kuasa di goa tersebut.

Tak hanya terkenal di domestik, banyak wisatawan mancanegara yang sudah pernah menginjakkan kaki di goa yang terletak di Desa Payudan Daleman, Kecamatan Guluk-Guluk.

Akses menuju goa tidak terlalu sulit untuk dilewati. Akses jalanpun sudah lumayan bagus sehingga bisa dilalui kendaraan bermotor. Para wisatawanpun dipersilakan menyusuri hingga ke relung terdalam goa. 

Wisatawan yang datang dapat merasakan nuansa lembab juga dingin dari Goa Payudan yang terdiri dari tiga ruangan. Pertama, halaman goa yang mempunyai ukuran 27 m x 10 m. Ruang kedua biasanya digunakan sebagai tempat pertemuan dengan ukuran sekitar 35 m2, Terakhir, di atasnya ada sebuah tempat yang biasa digunakan untuk salat.

Bagi penghobi fotografi, tempat ini banyak menyajikan nuansa eksotis. Sembari menyusuri area dalam gua, bisa mengabadikan pemandangan dari dinding-dinding yang terbentuk alami. Tak hanya itu, secara gegorafis, Goa Payudan yang terletak di ketinggian Bukit Payudan, secara otomatis akan didapatkan pemandangan indah khas pegunungan di mana banyak pepohonan yang rindang dan asri.