Tidak Ada Sengketa, KPU Jatim Akan Lantik 16 Kepala Daerah Terpilih

Tidak Ada Sengketa, KPU Jatim Akan Lantik 16 Kepala Daerah Terpilih Logo KPU Jawa Timur

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur (Jatim) akan lantik 16 kepala daerah terpilih pada Pilkada Serentak 2020 di Jatim dalam pekan ini. Pelantikan 16 kepala daerah terpilih tersebut dikarenakan tidak ada Perselisihan Hasil Pemilu (PHP).

Komisioner KPU Jatim, M. Arbayanto mengatakan, mengacu pada Buku Registrasi Perkara Kostitusi (BPRK) dari 19 daerah penyelenggara pemilu, tiga daerah di antaranya masih belum dapat dilakukan pelantikan, sebab masih ada perkara PHP masuk ke Mahkamah Konstitusi.

Ketiga daerah tersebut meliputi Kota Surabaya, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Lamongan.

"Tiga hari setelah BRPK terbit, maka itu menjadi batas waktu KPU kabupaten/kota untuk penetapan pasangan calon terpilih. Ini sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU)," ujarnya, Rabu (20/1/2021).

Arbayanto melanjutkan, sesuai dengan PKPU 13 tahun 2020 mekanisme pelantikan akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Hal ini demi menghindari penyebaran Covid-19.

"Untuk teknisnya, pelaksanaan tetap dengan menerapkan protokol kesehatan berdasarkan PKPU 13 tahun 2020," ujarnya.

Selain itu, KPU Jatim mengingatkan kepada tiga daerah KPU kabupaten/kota juga tetap menerapkan protokol kesehatan saat melakukan penetapan kepala daerah terpilih.

"Semuanya diatur. Prinsipnya, ini sesuai dengan penerapan protokol kesehatan di masa pandemi," katanya.