Dinkes Kota Surabaya Simpan Vaksin Sinovac di UPTD Gudang Farmasi

Dinkes Kota Surabaya Simpan Vaksin Sinovac di UPTD Gudang Farmasi Vaksin Covid-19 disimpan di gudang farmasi Dinkes Kota Surabaya. (foto : Aditya ininusantara)

Dinas Kesehatan Kota Surabaya telah menerima pengiriman vaksin Covid-19 dari Dinkes Jatim, Rabu (13/1/2021), Pengiriman dilakukan dengan mobil boks berpendingin. Kota Surabaya untuk tahap pertama dijatah 8 kardus vaksin Sinovac. 

Saat ini telah disimpan di UPTD Gudang Farmasi Kesehatan milik Dinkes Kota Surabaya. Kepala Dinkes Kota Surabaya Febria Rachmanita mengatakan, pada gelombang pertama vaksinasi akan menyasar tenaga medis (nakes).

Mekanisme vaksinasi kepada calon penerima vaksin didaftarkan oleh pihak rumah sakit atau puskesmas dengan pendaftaran nomor telpon. "Nantinya ada notifikasi SMS yang mewajibkan calon penerima vaksin untuk melakukan registrasi melalui aplikasi. Setelah melalukan registrasi, maka calon penerima vaksin akan dilakukan screening di rumah sakit atau puskesmas sebagai tempat vaksinasi," bebernya.

"Pada saat registrasi ulang, akan ditanya riwayat komorbid nakes calon penerima vaksin. Ini juga berlaku pada masyarakat nanti," kata Febria.

Ia juga mengatakan, Kota Surabaya untuk pengiriman tahap pertama mendapat jatah 15 ribu vaksin. Nantinya, pihak rumah sakit akan mengambil vaksin satu hari sebelum pelaksanaan dimulai.

"Secara teknis, vaksin nanti kita sudah daftar 1.890.000 warga melalui dispenduk. Tahapan pertama penerima nakes, SDM kesehatan, dan petugas kesehatan di rumah sakit di Surabaya dengan tidak melihat ktp darimana. Intinya semua nakes," pungkasnya.