Zona Merah di Jatim Bertambah Jadi Lima Daerah

Zona Merah di Jatim Bertambah Jadi Lima Daerah Ilustrasi

Zona merah di Provinsi Jatim bertambah. Sebelumnya hanya tiga daerah, kini bertambah menjadi lima. Yakni, Kota Madiun, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Kediri, Kabupaten Mojokerto, dan Kota Mojokerto.

Pertambahan zona merah ini merujuk pada data Pemprov Jatim, per Selasa (12/1/2020) yang mengalami penambahan 844 kasus Covid-19. Total kumulatif berjumlah 94.249 kasus positif Covid-19.

Dari total kasus tersebut, 6.865 kasus di antaranya masih dalam perawatan, sedangkan 80.808 kasus dinyatakan sembuh dan 6.576 kasus dinyatakan meninggal. Sedangkan kasus Covid-19 hari ini, Rabu (13/1) mencapai 844 kasus.

"Zona merah Covid-19 di Jatim minggu ini ada di lima kabupaten/kota. Naik dari pada minggu lalu di mana jumlah zona merah kemarin di tiga kabupaten/kota," ujar Tim Kuratif Satgas Covid-19 Jatim, dr Makhyan Jibril.

Jibril mengungkapkan, peta tambahan zona merah ini kemungkinan akan berpengaruh terhadap perubahan jumlah daerah yang menerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Kemungkinan perubahan ini, menurutnya sudah sesuai dengan intruksi yang sudah ditetapkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI. "Peta zona risiko terus fluktuatif. Daerah yang semula merah kini berubah oranye. Sesuai instruksi Mendagri RI, perubahan bisa berpengaruh pada area PPKM," katanya.