Mahfud MD Bantah Jokowi Sudah Putuskan Nama Kapolri Baru

Mahfud MD Bantah Jokowi Sudah Putuskan Nama Kapolri Baru Mahfud MD (Foto:Istimewa)

Calon Kapolri yang dikabarkan sudah mengerucut pada satu nama, Listyo Sigit Prabowo dimentahkan oleh Menko Polhukam Mahfud MD.

Menurutnya isu yang beredar hanya merupakan spekulasi belaka, bukan informasi yang pastim

Ia mengaku bahwa presiden belum membuat keputusan terkait Listyo menduduki kursi Kapolri pasca ditinggal Idham Aziz.

"Nama calon Kapolri yang beredar di media skrng masih tebak-tebak buah nangka alias spekulasi. Sampai saat ini Presiden belum mengirim nama calon Kapolri ke DPR," kata Mahfud di Twitter pribadinya, @mohmahfudmd, Selasa, (12/1/2020).

"Belum ada yang tahu siapa calon Kapolri kita, sebab Presiden masih terus mempertimbangkan secara seksama siapa yang paling tepat untuk jabatan tersebut," kata Mahfud.

Baru-baru ini, beredar kabar bahwa Presiden Jokowi telah mengerucutkan pilihannya pada Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo, sebagai calon pengganti Kapolri Jenderal Idham Azis.

Sementara, penyerahan nama calon Kapolri akan diserahkan Presiden Jokowi kepada kepada DPR pada hari ini, Selasa, 12 Januari 2021.

"Belum (masuk hari ini). Besok (Selasa)," ujar Anggota Komisi III, Arsul Sani lewat pesan singkat, Senin, (11/1/2021).

Sebagai informasi, Kapolri Jenderal Idham Azis pensiun pada 1 Februari 2021. Sesuai prosedur maka Presiden Jokowi diwajibkan menunjuk Kapolri baru. Pemilihan berdasarkan nama yang telah direkomandasi Kompolnas maupun dari Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti).