Nakhodai PC Fatayat NU Surabaya, Camelia Habiba Usung Empat Program Unggul

Nakhodai PC Fatayat NU Surabaya, Camelia Habiba Usung Empat Program Unggul Ketua PC Fatayat NU Surabaya Camelia Habiba foto bersama pengurus periode 2020-2025 setelah pelantikan. (Foto: Aditya ininusantara)

Pengurus Cabang (PC) Fatayat NU Kota Surabaya periode 2020-2025 resmi dilantik, Minggu (10/1/2021) di Hotel Wyndham. Camelia Habiba terpilih sebagai nakhoda baru badan otonom (banom) organisasi Islam terbesar di Indonesia ini.

Camelia Habiba dilantik oleh Ketua Pimpinan wilayah (PW) Fatayat NU Jatim Dewi Winarti. Prosesi ini bertemakan Membangun Perempuan Berkharisma dalam Bingkai Aswaja Menuju Surabaya Berkeadaban.

Dalam sambutannya, Camelia Habiba menyampaikan beberapa poin terkait peran Fatayat NU untuk bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sebagai stakeholder.

"Fatayat NU sebagai organisasi di bawah bendera Nahdatul Ulama siap menghibahkan tenaga, pikiran, dan harta untuk khidmat melayani Surabaya. Mudah-mudahan kami bisa menjadi bagian dari Pemkot Surabaya menjadi stakeholder, menjadi partner untuk membangun Kota Surabaya ke depannya," ungkap Habiba.

Selain itu, perempuan yang juga menjadi legislator di DPRD Kota Surabaya ini, menjelaskan empat program unggulan yang dinamakan sebagai Sahabat Sekawan. Program tersebut di antaranya Sejuk (Sejuta Kader Fatayat NU), 99 Bintang Aswaja, OROP (One Ranting One Produk), dan Forsapa (Forum Sahabat Perempuan dan Anak ).

"Empat program unggulan tersebut salah satunya bertujuan untuk menunjang perekonomian di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini," ungkapnya.

Habiba juga menambahkan, melalui empat program tersebut diharapkan kader Fatayat NU Surabaya memiliki semangat dan gairah yang tinggi dalam menggali berbagai macam ilmu, Baik melalui program Sejuk dan kemudian 99 Bintang Aswaja yang bertujuan untuk mencetak daiyah muda yang mampu mencegah berkembangnya paham radikalisme yang kian marak.

Khusus untuk program yang dapat mendongkrak ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19, Habiba merinci tentang apa dan bagaimana OROP yang diharap dapat mendorong ranting memiliki minimal satu produk usaha yang bisa dipasarkan untuk membantu meningkatkan ekonomi anggota Fatayat ranting setempat.

Program terakhir adalah Forsapa yaitu Forum Sahabat Perempuan dan Anak yang bertujuan untuk melakukan pendampingan kepada perempuan dan anak yang sekiranya memiliki masalah dalam berbagai macam hal.

"Saya berharap untuk semua sahabat pengurus cabang, ranting, berserta para kader Fatayat se-Surabaya dapat bersinergi melaksanakan setiap tugas-tugasnya," kata Habiba.

Pelantikan ini juga dihadiri ketua PC Muslimat NU Surabaya Lilik Fadilah, Wakil Ketua DPRD Surabaya Laila Mufidah, serta beberapa perwakilan Fatayat NU Sidoarjo dan Gresik.