Sidang Perdana Praperadilan, Rizieq Tak Nongol

Sidang Perdana Praperadilan, Rizieq Tak Nongol Habib Rizieq Shihab. (Foto: Istimewa)

Kuasa Hukum Rizieq Shihab, Muhammad Kamil Pasha mengonfirmasi kliennya tidak bisa menghadiri sidang perdana praperadilan. Sedianya sidang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta, pada hari ini, Senin (4/1/2020), dipimpin Hakim Ketua Ahmad Sayuti.

"Iya, Habib Rizieq enggak bisa hadir (sidang praperadilan)," kata Kamil, Senin (4/1/2020).

Sidang perdana praperadilan Rizieq terkait penetapan tersangka Habib Rizieq Shihab atas kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan. Ketidakhadiran Rizieq disebutkan karena akan menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya.

"(Enggak hadir) Ada pemeriksaan juga di Polda, jadi ada teman-teman juga, bagi-bagi tugas pendampingan di Polda," jelasnya.

Kamil mengungkapkan pihaknya keberatan dengan status tersangka Rizieq atas kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan. "Nanti teman-teman bisa lihat (poinnya), tentu kita bacakan nanti, tapi poin utamanya adalah kita keberatan atas penetapan tersangka Habib Rizieq," ujarnya.

Sebelumnya Mabes Polri akan menurunkan 1.610 personel gabungan untuk mengamankan sidang perdana praperadilan Rizieq Shihab.

“(Sebanyak) 1.610 personel  gabungan dari TNI, Polri dan Pemda disiagakan untuk pengamanan sidang praperadilan HRS besok di PN Jakarta Selatan," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono dalam keterangan tertulis, Minggu (3/1/2021).

Rizieq menjadi tersangka terkait kerumunan saat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, dan pernikahan putrinya, Syarifah Najwa Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.