Tiga Tokoh Muslim Indonesia Berpengaruh di Dunia, Salah Satunya Presiden Jokowi

 Tiga Tokoh Muslim Indonesia Berpengaruh di Dunia, Salah Satunya Presiden Jokowi   Habib Luthfi dan Presiden Joko Widodo. (Foto: Istimewa)

Presiden Jokowi  baru-baru ini ditempatkan di posisi ke 12 dari 50 daftar sosok atau tokoh muslim yang berpengaruh di dunia, versi Situs The Muslim 500 untuk edisi 2021 atau The Muslim 500: The World's 500 Most Influential Muslims 2021.

Versi situs tersebut, tidak hanya Presiden Jokowi yang dicantumkan namanya sebagai tokoh muslim berpengaruh, namun juga terdapat nama Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj di posisi 18, dan Habib Luthfi Bin Yahya di posisi 32.

Juru Bicara Presiden RI, M. Fadjroel Rachman mengatakan bahwa Kepala Negara, Presiden Jokowi, namanya sudah masuk dalam daftar The Muslim 500 sejak 2015. 

"Presiden Joko Widodo selalu bisa menembus 20 besar daftar tokoh muslim paling berpengaruh di dunia," katanya dalam keterangan pers, Kamis (17/12/2020). Atas penghargaan tersebut, dia mengatakan bahwa pemerintah Indonesia mengapresiasi.

Apalagi, lanjut Fadjroel, di Indonesia, pemerintahan Jokowi senantiasa menggelorakan semangat toleransi, keberagaman (kebhinnekaan), persaudaraan dan kepedulian terhadap sesama tanpa memandang suku, ras, agama, dan keyakinan.

"Sebagai semangat perjuangan kemanusiaan Indonesia dalam gotong royong menghadapi pandemi Covid-19 di seluruh dunia," tuturnya.