KPU Surabaya Gelar Rekapitulasi Pikada Surabaya

KPU Surabaya Gelar Rekapitulasi Pikada Surabaya (Foto: Totok/ininusantara.com)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kota. Rapat pleno ini sebagai akhir tahapan Pemilihan Walikota Surabaya yang telah terlaksana 9 Desember kemarin.

"Untuk pemilihan wali kota dan wakil wali kota, hari ini dilaksanakan rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat kota," Kata Ketua KPU Kota Surabaya, Nur Syamsi di Hotel Singgasana, Kecamatan Dukuh Pakis, Kota Surabaya, Selasa siang (15/12/2020).

Syamsi mengatakan, berdasarkan PKPU 5 Tahun 2020 dan PKPU 19 Tahun 2020, pleno ini dilaksanakan setelah rekapitulasi suara di tingkat kecamatan. Ia juga menjelaskan, dalam PKPU 5 jadwal rekapitulasi bisa dilaksanakan tanggal 13 sampai 17. Sehingga, KPU memutuskan jadwal penghitungan suara dilaksanakan dari tanggal 15 sampai tanggal 16.

"Hari ini rencananya memang separuh kecamatan. Kami lakukan rekapitulasi tingkat kota kemudian dilanjutkan besok. Rencana hari ini 16 kecamatan, besok 15 kecamatan. Mudah mudahan bisa selesai," imbuhnya.

Mekanisme rekapitulasi dilakukan dengan membacakan form keberatan saksi, membacakan seluruh data yang dikumpulkan saat dilakukan rekapitulasi di tingkat kecamatan, untuk selanjutnya diselesaikan di KPU Kota Surabaya.

"Selain itu juga dibacakan keberatan saksi apakah masih ada yang harus diselesaikan di tingkat KPU kota," tuturnya.

Sebagai informasi, rapat pleno terbuka ini dihadiri berbagai pihak. Mulai saksi paslon nomor urut 1 dan 2, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surabaya, Polrestabes Surabaya, serta sejumlah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se Surabaya.