Satu Persatu Kepala Daerah Bertumbangan, Kini Giliran Wali Kota Malang

Satu Persatu Kepala Daerah Bertumbangan, Kini Giliran Wali Kota Malang Wali Kota Sutiaji ketika masih dalam kondisi sehat beberapa waktu lalu. (FOTO: Istimewa)

Wali Kota Malang Sutiaji menyatakan bahwa dirinya beserta keluarga terkonfirmasi positif Covid-19. Pernyataan itu diunggah dalam video di akun media sosial pribadinya.

Sutiaji menyatakan, sebelum menjalani tes swab, dirinya beserta keluarga telah menjalani rangkaian pemeriksaan seperti tes cepat dengan hasil non-reaktif, dan general check up dengan pengambilan sampel darah.

"Hasil uji laboratorium kemarin malam, kami dinyatakan positif," kata Sutiaji dalam video yang diunggah pada akun Instagram sam.sutiaji, Selasa (1/12/2020).

Sutiaji menambahkan dirinya bersama keluarga dalam kurun waktu beberapa hari terakhir melakukan pembatasan aktivitas di luar rumah, sambil menunggu hasil uji laboratorium dari Labkesda Kota Malang dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Malang.

Sutiaji menambahkan hingga saat ini, meskipun terkonfirmasi positif COVID-19, dirinya beserta keluarga tidak merasakan gejala yang serius. Namun, ia dan keluarga memutuskan untuk membatasi kegiatan aktivitas luar rumah, sebelum menerima hasil uji laboratorium tersebut.

"Saya memang tidak ada gejala, namun saya putuskan dengan keluarga untuk berdiam diri dan membatasi aktivitas," kata Sutiaji.

Sutiaji berpesan kepada seluruh warga Kota Malang untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat, khususnya pada saat beraktivitas di luar rumah. Selain itu, ia juga memberlakukan work from home (WFH) bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Malang.

"Seluruh ASN untuk bisa WFH selama 14 hari ke depan. Separuh masuk, separuh WFH, dilakukan secara bergiliran," kata Sutiaji.

Sutiaji menambahkan hingga saat ini, dirinya tidak mengetahui kapan dan dimana ia terpapar virus yang pertama kali merebak di Wuhan, China itu. Oleh karena itu, ia meminta kepada seluruh warga Kota Malang untuk bisa menjaga kesehatan dan imun tubuh.

Positifnya Wali Kota Malang menambah daftar kepala daerah di Jatim yang tumbang akibat serangan virus corona. Dua di antaranya bahkan meninggal. Yakni Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin dan Bupati Situbondo Dadang Wigiarto. Sedangkan Wakil Wali Kota Probolinggo M Soufis Subri dan Bupati Jombang Mundjidah Wahab juga sempat mendapat perawatan.