Satpol PP Sumut Bersihkan Spanduk Dukungan HMI kepada Rizieq

Satpol PP Sumut Bersihkan Spanduk Dukungan HMI kepada Rizieq Spanduk dukungan Badko HMI Sumut terhadap Rizieq Shihab diturunkan Satpol PP Medan. (Foto: Istimewa)

Spanduk dukungan Badko Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumatera Utara (Sumut) kepada imam besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab diturunkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Medan.

Spanduk HMI itu ditertibkan dari sejumlah ruas jalan protokol di Kota Medan. Seperti di Jalan Abdullah Lubis, Jalan Sisingamangaraja, dan Simpang Jalan Juanda. Spanduk itu bergambar Rizieq Shihab dan bertuliskan 'HMI Siap Kawal Kedatangan Habib Rizieq di Sumut'.

Kepala Satpol PP Kota Medan, Sofyan, membenarkan adanya penertiban itu. Kendati begitu, pihaknya membantah hanya fokus mempreteli spanduk HMI atau yang terkait dengan Rizieq.

"Benar dan ini merupakan kegiatan rutin kita, Senin sore, 23 November 2020, sekitar pukul 16.00 WIB," ungkap Sofyan, Selasa (24/11/2020). Ia menambahkan, penertiban spanduk berjalan  sejak Sabtu (21/11/2020) dan akan terus dilaksanakan.

Sofyan menguraikan bahwa spanduk-spanduk tersebut, tak terkecuali milik Badko HMI Sumut, ditertibkan karena menyalahi aturan.

Disebutkan sebanyak 35 spanduk dalam kegiatan penertiban reklame spanduk dan umbul-umbul di seputaran Kota Medan sudah ditertibkan. “Jumlah ditertibkan kemarin sebanyak 35 spanduk keseluruhannya," jelas Sofyan.

Di beberapa daerah lainnya, sejak akhir September. Bahkan kurang lebih 900 spanduk dan baliho Rizieq Shihab ditertibkan aparat gabungan (TNI, Polri, dan Satpol PP) di DKI Jakarta. Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman menyatakan bahwa baliho dan spanduk tersebut dipasang bukan pada tempatnya, dan melanggar ketertiban umum.

Penertiban tidak hanya berlaku bagi poster FPI. Namun juga berlaku bagi spanduk lain yang dipasang bukan pada tempatnya.