Sensasi Panggang Jagung di Api Tak Kunjung Padam

Sensasi Panggang Jagung di Api Tak Kunjung Padam (Foto: Istimewa)

Wisata api alam yang dikenal memiliki api abadi di Kabupaten Pamekasan Madura merupakan satu dari sekian banyak api alam yang ada di dunia. Wisata langka ini berada di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Pamekasan yang berjarak kurang lebih 4 km dengan lama perjalanan sekitar 15 menit. Atau jika ditempuh dari Kota Surabaya membutuhkan waktu kurang lebih 2,5-3 jam melewati Jembatan Suramadu.

Keunikan dari wisata api tak kunjung padam ini adalah semburan api yang berasal dari bawah permukaan tanah atau perut bumi. Hebatnya, meski diguyur air, api di sini akan tetap menyala. Keajaiban api abadi ini sudah sangat terkenal, khususnya bagi masyarakat Madura.

Jadi tak heran bila setiap harinya tempat ini ramai dikunjungi wisatawan yang penasaran ingin melihat langsung semburan api dari celah tanah.

Untuk menikmati wisata Api Tak Kunjung Padam ini, wisatawan dapat menyalakan api di permukaan tanah dengan menggali/mencungkil tanah yang telah dibatasi sebagai area yang dapat memunculkan api. Uniknya, jika kita menggali/mencungkil tanah yang berada di luar batas area, maka api tidak akan muncul.

Pada umumnya, mayoritas wisatawan datang untuk menikmati wisata Api Tak Kunjung Padam ini sembari memanggang jagung. Banyak berdiri toko-toko kecil di sekitar area wisata yang menjual jagung untuk siap dibakar. Sensasi dalam upaya memunculkan api dari tanah menjadi keasyikan tersendiri. Saat satu lubang yang kita gali ternyata sulit memunculkan api, kita harus pandai-pandai dalam mencari titik api yang baik.

Penasaran kan? ayo kunjungi wisata Api Tak Kunjung Padam ini. Dijamin punya pengalaman baru yang tak terlupakan.