Sadar Media, Masyarakat Harus Serap Informasi dengan Baik

Sadar Media, Masyarakat Harus Serap Informasi dengan Baik Menko Polhukam, Mahfud MD/net

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD berharap lembaga penyiaran bisa membantu pemerintah menjernihkan informasi seputar UU Cipta Kerja kepada masyarakat. Langkah tersebut dapat diwujudkan melalui penyebaran siaran iklan layanan masyarakat.

Pemerintah lanjut Mahfud, telah membuka ruang bagi masyarakat untuk mendiskusikan perihal UU Cipta Kerja secara bersama-sama. Sayang, masyarakat cenderung lebih percaya dan banyak terpapar oleh disinformasi dan kontroversi yang tersebar di media sosial.

"Pemerintah tidak menolak diskusi untuk menjelaskan undang-undang cipta kerja. Tapi datanya akurat bukan dari hoax," kata Mahfud MD dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) KPI 2020 secara virtual, Senin (2/11/202).

Mahfud menjelaskan, iklan layanan masyarakat tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat agar sadar media, dan dapat menyerap informasi dengan baik serta mencerdaskan bangsa. Sebab itu, dia menyayangkan ramainya penyebaran hoax di media sosial  seputar (UU) Cipta Kerja.

Menurut dia, banyak sekali isu terkini yang dapat diangkat iklan layanan masyarakat untuk mengedukasi masyarakat dengan pesan yang bersifat sosial. Termasuk informasi terbaru mengenai penanganan pandemi Covid-19.

"Tentunya informasi tersebut harus tepat, akurat, dan memiliki nilai serta efek yang meluas, termasuk penyampaian informasi tentang peran penyiaran dalam penanggulangan pandemi Covid-19, ujarnya.