Eksotisme Pantai Badur, Eksplorasi yang Sulit Dilupakan

Eksotisme Pantai Badur, Eksplorasi yang Sulit Dilupakan (Foto: Istimewa)

Berbicara tentang Kabupaten Sumenep memang tidak ada habisnya. Dari budayanya yang masih lekat dengan unsur keraton, limpahan kekayaan alam, hingga pesona pantai garis pantai yang penuh hamparan pasir putih.

Berbicara pantai, Sumenep merupakan salah satu kabupaten yang memancing penasaran setiap wisatawan untuk mengeksplorasi keindahan pantainya. Mulai dari Pantai Slopeng dengan berbagai gunung pasir alaminya, sampai pada Pantai Lombang yang dikenal dengan cemara udangnya.

Eit, jangan salah. Masih ada lagi pantai yang jarang terekspos. Semisal Pantai Badur yang lokasinya berada di tengah Pantai Slopeng dan Lombang. Pantai Badur salah satu pantai yang menawarkan keindahan pesisir alam pantai. Ditambah deburan ombaknya yang bersahabat, memberikan arus eksotik yang dapat memanjakan mata pengunjung.

Nama Badur diambil dari nama desa yang berada di Kecamatan Batuputih. Dari pusat kota, hanya berjarak sekitar 18 kilometer. Cukup dekat untuk digapai dengan ongkos murah meriah. Ditambah kebersihan yang masih terjaga karena tak banyak warga lokal yang mengunjungi lokasi ini.

Tak heran, pemandangan masih terlihat asri tanpa tambahan wahana permainan lazimnya di lokasi wisata lain. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep sendiri juga belum memoles Pantai Badur sebagai salah satu destinasi andalan meraup pendapatan asli daerah (PAD).

Kelebihan lain Pantai Badur, pengunjung dapat menikmati keindahan Lombang dan Slopeng. Selain itu, masih ada keindahan yang tidak dimiliki pantai lain yakni aliran air tawar yang langsung menuju ke bibir pantai dan tersambung ke laut lepas. Aliran air tawar ini membentuk sungai kecil dan dangkal di tengah pasir pantai dengan arusnya yang tak terlalu deras.

Untuk spot foto, gundukan batu karang menambah kesan epic perpaduan bebatuan tinggi dengan hamparan pasir putih di bibir pantai, ditambah rimbunan pohon kelapa betul-betul membuat pengunjung tak ingin pulang. Jika penasaran ingin mengeksplorasi keindahan Pantai Kadur, disarankan membawa kendaraan sendiri.

Sebab untuk menuju kesana sangat jarang terlihat angkutan umum lewat. Kalau pun ada, dipastikan harus menunggu lama.