Tanpa Ronaldo, Juventus Dipecundangi Barcelona di Turin

Tanpa Ronaldo, Juventus Dipecundangi Barcelona di Turin Para pemain Barcelona merayakan gol Ousmane Dembele ke gawang Juventus. (Foto: Twitter@juventusfc)

Barcelona berhasil pecundangi Juventus di matchday kedua Grup G Liga Champions 2020/2021, di Allianz Stadium, Turin. Meski tak diperkuat dua pemain pilarnya, Philippe Coutinho yang cedera dan Gerard Pique yang terkena kartu merah di laga sebelumnya, Lionel Messi dkk. menang dengan skor 2-0.

Dua gol Barcelona di laga ini dicetak oleh Ousmane Dembele di menit 13, dan Lionel Messi di menit 90+1. Kemenangan ini menjadi yang kedua Barcelona di ajang yang sama. Sebelumnya, Barcelona memetik kemenangan besar atas Ferencvaros 5-1.

Pada pertandingan ini, Juventus tak diperkuat sejumlah pemain andalannya, termasuk Cristiano Ronaldo yang masih positif Covid-19. Selain itu, Si Nyonya Tua juga tak bisa menurunkan Giorgio Chiellini dan Matthijs de Ligt. Tanpa ketiga pemain ini, Juventus tampak kesulitan meladeni permainan Blaugrana.  

Hal itu bisa dilihat dari data statistik pertandingan yang menunjukkan 60 persen penguasaan bola menjadi milik Barcelona. Tim tamu juga melepaskan sebanyak 13 tembakan percobaan berbanding 10 tembakan yang dilepaskan para pemain Juventus.

Babak I

Di awal babak pertama, Barcelona langsung tampil menekan. Peluang emas pertama didapatkan Messi. Namun sayang, tembakannya masih membentur Leonardo Bonucci. Tak lama berselang, giliran sepakan Antoine Griezmann yang masih membentur tiang gawang.

Upaya Barcelona mencari keunggulan akhirnya berbuah manis di menit 13 setelah sepakan Ousmane Dembele mengenai Federico Chiesa dan mengecoh Kiper Wojciech Szscesny yang sudah mati langkah. Skor 1-0 untuk Barcelona.

Hanya satu menit kemudian, Alvaro Morata berhasil membobol gawang Barcelona. Namun golnya dianulir oleh wasit setelah VAR menunjukkan Morata sudah lebih dulu terperangkap offside.

Morata kembali mendapati golnya dibatalkan oleh wasit di menit 30 setelah VAR lagi-lagi memperlihatkan posisinya sudah offside sebelum gol itu tercipta. Hasilnya, hingga babak pertama usai, skor 1-0 untuk Barcelona bertahan.

Babak II

Keluar dari kamar ganti, Juventus berusaha menggebrak. Morata lagi-lagi berhasil menyarangkan bola ke gawang Barcelona yang dikawal Neto. Namun lagi-lagi gol itu tak disahkan oleh wasit setelah VAR kembali menunjukkan mantan pemain Juventus itu terjebak offside.

Penderitaan Juventus kian parah setelah wasit Danny Makkelie mengeluarkan kartu kuning kedua (kartu merah) kepada Merih Demiral usai menjatuhkan Miralem Pjanic.

Bermain dengan 10 pemain, Juventus semakin kesulitan menghadang gempuran Barcelona. Hasilnya, di pengujung laga Blaugrana kembali menambah keunggulan menjadi 2-0 setelah Lionel Messi berhasil mengeksekusi penalti dengan baik.

Hukuman tendangan 12 pas itu diberikan setelah Ansu Fati dijatuhkan oleh Federico Bernardeschi di kotak penalti Juventus.

Dengan hasil ini, Barcelona kini memuncaki Grup G dengan 6 poin. Sementara Juventus berada di tempat kedua dengan tiga poin, hasil dari sekali menang dan sekali tumbang.