Libur Panjang, Bali Dibanjiri Wisatawan Domestik

Libur Panjang, Bali Dibanjiri Wisatawan Domestik RAMAI: Wisatawan domestik kunjungi Pantai Pandawa, Badung/Miftahuddin Halim/Radar Bali

Libur panjang membuat jumlah kunjungan wisatawan domestik ke Bali meningkat menjadi sebanyak 5.000 orang, dari sebelumnya sebanyak 3.000 orang. Meningkatnya jumlah wisatawan tersebut dibenarkan oleh Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Badung, I Gusti Agung Ngurah Rai Suryawija.

Dia menjelaskan, pada libur panjang akhir Oktober 2020 kali ini  Bali kedatangan wisatawan domestik mencapai 5.000 orang, pihaknya berharap weekend ini jumlah kunjungan terus meningkat hingga sebanyak 10.000 orang.

“Jumlah tersebut diharapkan mampu mendongkrak okupansi hotel sebanyak 10 hingga 11 persen. Peningkatan ini menandakan pariwisata Bali mulai bergerak maju," kata Gusti, Rabu (28/10/2020).

Menurutnya, untuk tempat wisata yang menjadi tujuan wisdom masih seputaran Kabupaten Badung. Badung dipilih karena wisdom sangat menyukai pantai, sementara beberapa lainnya berkunjung ke Kabupaten Gianyar. 

Mengenai protokol kesehatan Covid-19, dikatakan bahwa protokol kesehatan di hotel telah berjalan dengan baik. Karena telah melalui verifikasi yang ketat oleh Pemerintah Provinsi Bali dan pemerintah kabupaten/kota. Sehingga para wisatawan yang datang ke Bali diharapkan merasa aman dan nyaman selama di sana.

Pada musim libur panjang sebelumnya, jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 3.000 orang perhari, namun belum dapat mengisi semua kamar hotel di Pulau Dewata yang berjumlah 146.000 kamar. Apalagi ditambah dengan adanya dobel okupansi atau berdua, sehingga hanya 1.500 kamar yang diperlukan.

"Dengan 3.500 orang per harinya, ditambah masa tinggalnya yang pendek, tidak berdampak signifikan terhadap pertumbuhan perekonomian," tuturnya.