Bawaslu Surabaya, TPS bertambah Hingga Daftar Pemilih Ganda

Bawaslu Surabaya, TPS bertambah Hingga Daftar Pemilih Ganda

ininusantara.com-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Surabaya mendapatkan sejumlah temuan janggal terkait proses pemilihan walikota (pilwali) Surabaya 2020.

Kali ini Bawaslu Surabaya menemukan daftar pemilih ganda serta Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang bertambah padahal jumlah pemilih berkurang.

Ketua Bawaslu Surabaya M Agil Akbar mengungkapkan, akan segera mengkomfirmasi terkait beberapa temuan ini ke KPU Kota Surabaya.

"Pasca-coklit jumlah TPS nambah. Padahal jumlah pemilihnya kalong atau berkurang. Logikanya kalau berkurang enggak harus nambah TPS," ujar Agil, Selasa (29/9/2020).

"Ya berkurangnya macam-macam sebabnya. Ada sudah pindah, ada yang meninggal ada yang jadi tentara dan lain-lain," ujar dia. Selain itu, Bawaslu Surabaya juga mendapat banyaknya daftar pemilih ganda. Hal tersebut didapat dari laporan langsung anggota panwascam di setiap kecamatan.

"Iya benar. Kami banyak menemukan pemilih ganda di tiap kecamatan. Temuannya sejak hari ini. Hasil pengawasan dari Panwascam," ujar Agil.

Meski begitu, lanjut Agil, pihaknya masih belum mengetahui berapa jumlah pemilih ganda tersebut. Sebab, pihaknya masih melakukan penghitungan. "Terkait jumlahnya nanti kami kabari. Karena ini masih belum selesai direkap," ucap Agil.(to2k)