Yasin - Gunawan Ditolak Karena Tidak Memenuhi Syarat

Yasin - Gunawan Ditolak Karena Tidak Memenuhi Syarat Nafilah Astri/net

ININUSANTARA-SURABAYA, Komisioner KPU Surabaya, Nafilah Astri menyatakan, pasangan Calon Wali Kota Surabaya melalui perseorangan Yasin - Gunawan  tidak bisa melanjutkan pada tahapan verifikasi administrasi. 

Nafilah menegaskan pasangan Yasin - Gunawan tidak bisa melanjutkan pada tahapan verifikasi, karena jumlah syarat dukungannya yang diserahkan pasangan tersebut tidak mencapai syarat dukungan minimal.

"Ketika kami hitung, ternyata bukti fisik B1 nya kurang dari 209 ribu, itu yang menyebabkan terhenti di tahapan syarat penyerahan dukungan itu tadi, tidak bisa dilanjutkan ke tahapan verifikasi administrasi. Bukti fisiknya itu kurang, tidak bisa karena memang fisiknya itu kurang," kata Nafilah setelah dikonfirmasi ininusantara.com, Kamis(30/7/2020).

Diketahui sebelumnya, telah dilakukan verifikasi faktual bapaslon independen oleh PPS dan PPK, dalam verifikasi tersebut ditemukan banyak form tidak memenuhi syarat (TMS)

Bapaslon yang tidak memenuhi syarat dikasih renggang waktu 25-27 Juli 2020 untuk melakukan penyerahan perbaikan syarat dukungan B1, B11 dan B2.

"Tanggal 25-27 kemarin itu penyerahan syarat dukungan perbaikan, ketika bapaslon perseorangan menyerahkan dukungan di hari terakhir tanggal 27, hitungan sistem lebih dari syarat dukungan. Jadi dua kali kekurangan, mestinya yang dikumpulkan ke kami 29150 ribu dukungan yang harus di serahkan," demikian Nafilah. (T02K)