Andreas: Kemarahan Presiden Lantaran Penanggulangan Covid

Andreas: Kemarahan Presiden Lantaran Penanggulangan Covid Presiden Jokowi

ININUSANTARA.COM – JAKARTA,  Usai Presiden Jokowi mengancam pembubaran terhadap para menteri-menterinya. Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pareira menilai bakal ada perombakan pada kabinet Indonesia.

Andreas menyampaikan kunci dari kemarahan presiden adalah evaluasi kinerja kementerian yang kurang tanggap dalam menghadapi pandemi Covid-19. 

“Jelas sekali pidato Presiden di Istana Bogor dihadapan para menteri kabinet dan pimpinan lembaga tinggi negara, bernada keras, pesannya tegas. Melihat gesture presiden, sepertinya akan ada reshufle kabinet, terutama terhadap pembantu presiden yang kurang tanggap sense of crisis," kata Anderas dalam keterangannya pada Senin (29/6/2020).

Andreas menyampaikan bahwa pidato presiden tersebut, sudah barang tentu berkaitan  dengan penanggulangan Covid-19, khususnya dalam penanggulangan dampak sosial ekonomi dan pemulihan ekonomi.

Karenanya, Andreas menegaskan perombakan kabinet kiranya memang perlu harus dilakukan. Agar kepercayaan publik terhadap pemerintah tetap menguat, dan bukan hanya menjadi rumor politik belaka.

"Langkah ini perlu segera dilakukan biar tidak menjadi rumor politik, dan memperkuat kepercayaan publik terhadap keseriusan pemerintah,"tandas Andreas.

Presiden Jokowi sebelumnya, mengaku tidak puas terhadap kinerja para menteri, terlebih lagi saat ini (Indonesia) tengah dilanda pandemi COVID-19. Dalam hal ini, Presiden mengancaman akan merombak kabinet atau pembubaran lembaga negara. 

Ketegasan Presiden ini, terungkap dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana pada Kamis, (18/62020) lalu yang berlangsung tertutup. Arahan Presiden terekam dalam video yang dikeluarkan oleh pihak Sekretariat Presiden. (12AM)