Arif Fathoni Punya Kans Besar Dampingi MA Yang Diusulkan Partai Golkar

Arif Fathoni Punya Kans Besar Dampingi MA Yang Diusulkan Partai Golkar

ININUSANTARA.COM - SURABAYA, Kontestasi pemilihan Wali Kota & Wakil Wali Kota Surabaya pada Desember 2020 mendatang, mulai berhembus ditengah pandemi Covid-19.

Machfud Arifin (MA) sebagai salah satu bakal calon Wali Kota Surabaya yang di usung tujuh partai politik diantaranya, PKB, PKS, GOLKAR, PPP, DEMOKRAT, NASDEM dan GERINDRA sampai sekarang belum menentukan sosok wakilnya pada pilwali mendatang.

Salah satu Partai Golkar yang menjadi partai pengusung, mengusulkan dua figur untuk mendampingi MA. Partai berlambang pohon beringin itu merekomendasikan nama Zahrul Azhar As'ad (Gus Hans) dan Ketua Fraksi Golkar DPRD Kota Surabaya yakni Arif Fathoni. Keduanya, adalah kader muda Golkar yang layak disandingan dengan MA sebagai wakilnya.

Gus Hans yang dekat dengan kalangan Nadhiyin NU memiliki kans untuk menarik pemilih dari kalangan hijau atau kaum Nadhiyin. Sedangkan,  Arif Fathoni dengan sebutan sebagai Singa parlemen DPRD Kota Surabaya, yang memiliki pola pikir dan wawasan serta problem solver atas permasalahan kota Surabaya. Kedua kader muda Golkar ini, sudah layak dan pantas untuk disandingkan dengan MA untuk memimpin Surabaya lima tahun kedepan.

Munculnya nama Ketua Fraksi partai Golkar DPRD Kota Surabaya Arif Fatoni tentu mengejutkan semua pihak. Pria dengan latar belakang Advokad dan mantan Jurnalist ini masuk dalam monitoring tertinggi survey internal partai Goklkar. Walau namannya tidak pernah disebut dalam bursa politik Wali Kota Surabaya.

Terhadap munculnya nama Arif Fathoni, sebagai kandidat Wakil Wali Kota Surabaya. Yang diajukan partai Golkar mendampingi Machfud Arifin, dibenarkan oleh ketua DPD 2 Partai Golkar Kota Surabaya, Blegur Prijanggono saat dikonfirmasi, Sabtu (27/6/2020)

"Golkar menyiapkan kader mudanya untuk mendampingi pak MA, dua nama itu kita rekomendasikan kepada pak MA. Betul itu, Arif Fatoni, diusulkan mendampingi pak MA, itu rekomendasi dari partai," ujarnya kepada ininusantara.com.

Blegur menjelaskan, pertimbangan partai Golkar menunjuk Arif Fatoni, adalah selain sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar di DPRD Kota Surabaya, yang dipastikan mengerti kondisi Surabaya saat ini, juga dianggap perwakilan dari sosok kaum milenial guna merebut pemili muda di Surabaya yang mencapai 40 persen pemili milineal.

Meski begitu Blegur mengatakan, tetap akan pasrahkan pilihan itu kepada pribadi MA sebagai calon Walikota Surabaya yang diusung tujuh partai politik. tentu mekanismenya berdasakan kesepakatn partai koalisi.

"Biar nanti kita usulkan surat resmi kepada MA, itu semua hak Pak MA memilih wakilnya yang direkomendasikan partai pengusung termasuk usulan dari Golkar," tegas Blegur. (T02K/IN01)