Alex, Firli Sewa Heli Untuk Hemat Waktu

Alex, Firli Sewa Heli Untuk Hemat Waktu  Alex

ININUSANTARA.COM – JAKARTA,  Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata mengatakan helikopter yang digunakan Ketua KPK, Filri Bahuri merupakan Heli sewaan,  digunkana berziarah ke Kota Baturaja, Ogan Kemering Ulu, Sumetera Selatan. Namun Alex tidak menjelaskan secara detail besaran biaya dan sumber sewa helikopter tersebut.

Diketahui, Firli terbang dengan helikopter sewaan itu dari Kota Palembang ke Baturaja.

"Kemarin yang bersangkutan cuti ke Baturaja, kabarnya naik helicopter, dan itu memang bayar," terang Alex kepada wartawan, di kawasan Stasiun Sudirman, Jum'at (26/6/2020).

Alex memaparkan, Firli perlu waktu singkat lantaran hanya mengambil cuti satu hari. Saat pergi ke kampung halaman, bila di tempuh melalui darat jarak tempuh sekitar 7 jam dari Palembang ke Baturaja.

"Kalau PP lebih sehari, padahal cutinya sehari. Makanya menyewa helikopter itu, itu yang disampaikan," kata Alex.

Sebelumnya, Dewas KPK tengah mengumpulkan bukti terkait laporan Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman terkait dugaan gaya hidup mewah Firli. MAKI menyebut Firli diduga melanggar kode etik gaya hidup mewah, saa pergi dari Palembang ke Baturaja menggunakan helikopter milik perusahaan swasta dengan kode PK-JTO.

Menurut MAKI, perjalanan dari Palembang ke Baturaja sebenarnya hanya membutuhkan empat jam perjalanan darat. 

Alex menambahkan Dewan Pengawas (Dewas) KPK telah menindaklanjuti laporan dugaan pelanggaran kode etik Firli tersebut, terkait penggunaan helikopter milik swasta.

Alex mengaku tak bisa menilai perbuatan Firli apakah melanggar kode etik atau tidak.

"Dewas sejauh ini sudah melakukan klarifikasi, Dewas pasti akan menindaklanjuti," tutup Alex. (12AM)