Resmi, Penerapan PSBB Surabaya Raya Diperpanjang

Resmi, Penerapan PSBB Surabaya Raya Diperpanjang

Surabaya, Inc – Ronde kedua, Gubenur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa resmi memperpanjang penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk Surabaya Raya, meliputi Surabaya, Gresik dan Sidoarjo, hingga 25 Mei 2020. Masa perpanjangan sudah melalui kesepakatan bersama kepala daerah dan jajaran Forkopimda ketiga daerah. 

"Tadi kita sudah rapat, ada 2 di Kota Surabaya Tri Rismaharini, sekretaris Kota Surabaya, Plt Bupati Sidoarjo, Bupati Gresik dan jajaran Forkopimda Jatim, disetujui bahwa ada perpanjangan PSBB di Surabaya Raya," tegas Gubenur Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (9/5/2020).

Khofifah mengatakan, untuk PSBB jilid dua ini akan dilakukan penindakan yang tegas bagi pelaku pelanggar PSBB. Sanksi ini akan dilakukan pemprov setelah melakukan rapat evaluasi pembelakuan PSBB selama ini.

"Beberapa hal tersebut seperti akan dilakukan evaluasi secara massif, yang berkaitan dengan cek poin di masing-masing wilayah. Kemudian terkait dengan bagaimana cara menjaga physical distancing, baik di perusahaan yang masih bergerak, ataupun di pasar-pasar tradisional," ucap Khofifah.

Meski begitu, Khofifah berharap masyarakat mematuhi ketentuan PSBB ini. Meski sudah diadakan penindakan jika masyarakat tidak bisa diajak kompromi, maka cita-cita bersama untuk memutus rantai penularan Covid-19 sulit untuk dicapai. (tok)