Virus Covid-19. Sebuah Apresiasi Dari KNPI Jatim

Virus Covid-19. Sebuah Apresiasi Dari KNPI Jatim Wakil Ketua Bidang Infokom, Immanuel Yosua (ist)

Terkait langkah Gubernur Khofifah dan jurnalis soal pandemi Covid-19

Surabaya,INc –  Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Timur (Jatim) mengapresiasi langkah Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dan juga beberapa media, terkait upaya penanganan dampak pandemi Covid-19 di bidang informasi dan pemberitaan.

“DPD KNPI Jawa Timur mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur dan beberapa media baik cetak, elektronik maupun daring (online) yang berusaha memberikan informasi dan berita yang dibutuhkan masyarakat dalam upaya penanganan terhadap pandemi Covid-19. Upaya ini sangat membantu dalam memberi ketenangan kepada masyarakat,” tutur Wakil Ketua Bidang Infokom, Immanuel Yosua, mewakili DPD KNPI Jatim, melalui rilis yang diterima ininusantara.com, Selasa (7/4/2020).

Mengenai apresiasi terhadap langkah Gubernur Jatim dan jajarannya, Yosua menyebut, berdasarkan pengamatan yang dilakukan KNPI Jatim dan juga masukan serta analisis beberapa pihak, upaya memberikan updating informasi tiap hari  dari kepada masyarakat, koordinasi dan juga pembuatan Iklan Layanan Masyarakat (ILM) yang bersifat kontinyu.

“Bagi KNPI Jawa Timur langkah yang ditempuh Gubernur dalam hal informasi dan komunikasi ini dapat menyelesaikan secara cepat beberapa misscomunication yang muncul di lapangan. Hal ini menurut KNPI adalah faktor penting dalam hal penanganan informasi dan komunikasi,” ujar dia.

Untuk ILM, lanjut dia, KNPI  Jatim mengapresiasi Gubernur karena memproduksi dan menyebarluaskan beberapa versi ILM yang dipublikasikan di berbagai media baik yang bersifat umum maupun pribadi. Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Bidang Infokom DPD KNPI Jatim, hingga saat ini Gubernur Jawa Timur telah memproduksi lebih dari 5 versi ILM, mulai himbauan, penguat semangat masyarakat hingga lantunan lagu religius. ILM ini disiarkan di berbagai radio dan televisi maupun beberapa akun media sosial yang bersifat privat seperti Instagram dan WhatsApp.

“Yang menarik, dalam catatan bidang Infokom KNPI Jatim, ILM yang diproduksi gubernur tersebut tersebar secara masif tersebar  melalui media penyiaran dalam koordinasi dengan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur dan Dinas Kominfo Jawa Timur,” kata Yosua seraya menambahkan jika data yang diperoleh DPD KNPI Jatim dari KPID, ILM tersebut dikirimkan ke 396 media penyiaran baik radio maupun televisi yang tersebar di 38 Kabupaten/Kota dengan jangkauan lebih dari 650 kecamatan dan lebih dari 8.000 desa/kelurahan di seluruh Jatim.

Apresiasi untuk media dan para jurnalis

Pada bagian lain, terkait apresiasi terhadap media dan para jurnalis, ketua DPD KNPI, M Nur Arifin dan Sekretaris, Ahmad Nur Aminudin, menyatakan bahwa dedikasi dalam memproduksi dan menyebar luaskan informasi dan berita positif menjadi  alasan utama apresiasi.

“Bagi kami, selain tenaga medis, jurnalis dan setiap pihak yang terlibat dalam produksi informasi dan berita memiliki resiko tinggi tertular Covid-19. Dalam rangka menyuguhkan  informasi dan berita bagi upaya percepatan penanganan dampak pandemi Covid-19, para jurnalis terpaksa harus turun ke lapangan dengan segala resiko yang dimilikinya. Bahkan sebagaimana diketahui bersama, telah ada korban meninggal dunia karenanya,” papar Yosua.      

Mensikapi kondisi ini, imbuh dia, pihaknya meminta para pihak yang memiliki kaitan dengan tugas-tugas jurnalistik dan media untuk menjaga keselatan para jurnalis dan insan media. Bukan hanya pribadi yang bersangkutan, institusi media, pemerintah daerah dan juga pihak terkait lainnya turut menjadin ketersediaan alat pelindung diri bagi mereka.

“Tak dapat dipungkiri, ditengah merebaknya informasi melalui jejaring media sosial pribadi, informasi dan berita yang disajikan oleh media massa baik cetak, elektronik maupun online tetap menjadi rujukan bagi masyarakat bagi validitas informasi. Ini hasil kajian beberapa lembaga yang memiliki kaitan dengan media. Jadi keselamatan para jurnalis dan insan media seyogyanya menjadi tanggung jawab semua pihak. Mereka adalah salah satu pilar utama dalam informasi positif ditengah pandemi Covid-19, seperti saat ini,” jlentreh Yosua.

Himbauan dan Upaya DPD KNPI Jatim

Dikatakan, walau secara umum sudah berjalan dengan baik, DPD KNPI Jatim tetap menghimbau kepada semua pihak, baik Gubernur dan Bupati/Walikota dan jajarannya, untuk terus mengoptimalkan diseminasi informasi yang akurat dan positif bagi percepatan pemulihan Jatim dari dampak pandemi Covid-19.

“Kesimpang informasi yang diterima masyarakat, menurut kami, tetap menjadi salah satu tantangan di bidang informasi, sehingga perlu sarana yang mudah dan cepat untuk verifikasi kebenaran sebuah informasi dan berita,” harap dia.

Untuk media, tambah dia, pihaknya berharap, tetap menampilkan berita dan informasi yang positif dan tidak kontraproduktif terhadap upaya pemulihan dari dampak pandemi Covid-19. Bagi KNPI Jatim, media memiliki pengaruh yang luar biasa bagi masyarakat dan menjadi rujukan bagi kebenaran informasi yang diterima.

“Di tengah banyaknya arus informasi melalui jejaring sosial media, informasi yang diperoleh dari media massa baik online, elektronik maupun cetak tetap menjadi parameter kebenaran suatu informasi dan berita,” ujar dia.

Sementara itu, untuk kontribusi DPD KNPI Jatim dalam upaya ini, Yosua menyatakan bahwa DPD KNPI Jawa Timur dan jajarannya DPD KNPI Kabupaten/Kota di Jawa Timur akan turut dalam upaya diseminasi informasi beberapa informasi yang dirilis oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi Jatim. “KNPI beserta jajarannya akan melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas  Percepatan Penanganan Covid-19 di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. Pihak yang akan diajak koordinisasi dalam koridor tersebut diantaranya Dinas Kominfo yang merupakan pembina Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan KPID  yang memiliki jaringan hampir 400 radio dan televisi di Jawa Timur,” beber Yosua.

Dalam rilis disebutkan, langkah KNPI Jatim tersebut akan dilaksanakan oleh tim khusus yang bertajuk “KNPI Jatim Care Againts Covid-19”. Tim ini yang nantinya akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur. Hal yang sama juga akan dilakukan di DPD KNPI Kabupaten/Kota di Jawa Timur. (cb/zaenal)