Besok, Ada 10 Ribu Rapid Test

Besok, Ada 10 Ribu Rapid Test

Bantuan dari Tzu Chi Surabaya untuk Jatim

Surabaya, INc – Besok, Kamis (26/3/2020) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) akan mendapatkan bantuan rapid test (tes cepat) Covid-19 sebanyak 10 ribu, sumbangan atau donasi dari Tzu Chi Surabaya (Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia). Bantuan tersebut di luar dari pengadaaan rapid test dari pemerintah pusat.

“Insyallah, besok ada yang menyumbangkan rapid test. Jumlahnya lumayan besar, 10 ribu dari Tzu Chi Buddha,” tutur Gubernur Khofifah, usai konferensi pers terkait peta sebaran Covid-19 Jatim, di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Rabu (25/3/2020) malam.

Khofifah menjelaskan, pihak Pemprov Jatim akan menyebarkan 10 ribu rapid test yang akan didistribusikan pada sejumlah rumah sakit di Jatim.

“Pendistribusian itu tidak akan dibagikan rata, tapi akan dibagikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing rumah sakit,” tandas Gubernur wanita pertama di Jatim.

Selain itu, lanjut Khofifah, penggunaan rapid test hanya untuk orang yang memiliki prioritas pengecekan, seperti dokter dan keluarga, perawat dan keluarga, pasien positif dan keluarga, PDP dan keluarga, ODP dan keluarga.

“Kami punya prioritas (untuk rapid test) adalah dokter dan keluarganya, perawat dan keluarganya, yang positif dan keluarganya, PDP dan keluarganya, ODP dan keluarganya,” jelas dia.

Khofifah berharap ada bantuan dari pemerintah pusat terhadap pengadan rapid test ini, sehingga dapat memenuhi kebutuhan rapid test di Jatim.

“Kami berharap dari pemerintah pusat segera datang biar lebih banyak yang kita lakukan penyisiran,” harap orang nomer satu di pemerintahan Jatim ini.

Khofifah mengaku belum mendapat kabar kapan bantuan rapid test dari pemerintah pusat akan tiba di Jatim. Dia berharap rapid test itu segera tiba dan bisa segera dimanfaatkan untuk tes massal bagi masyarakat, sehingga bisa mencukupi kebutuhan pelacakan penyebaran Covid-19 di Jatim. (tok)