Sistem Perkuliahan UNESA Terapkan Virtual Learning

Sistem Perkuliahan UNESA Terapkan Virtual Learning Virtual Learning dikembangkan oleh Pusat Pengembangan Teknik Informasi (PPTI) Unesa (net)

Surabaya, INc – Pandemi virus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) berpengaruh pula pada sistem perkuliahan di sejumlah kampus di Surabaya. Universitas Negeri Surabaya (Unesa), misalnya. Dalam menerapkan kebijakan belajar di rumah, para dosen Unesa lebih memilih menyelenggarakan perkuliahan seperti biasa melalui sistem daring. Rektor Unesa, Prof Nurhasan, angkat bicara terkait penerapan sistem tersebut.

“Pada prinsipnya, semua hal yang berkaitan dengan pembelajaran tidak boleh ada yang dirugikan. Pokoknya harus berjalan normal, ujian skripsi ya ujian skripsi, kalau wisuda kalau gak bisa ya ijazahnya harus bisa diterima sesuai jadwal, UAS waktunya UAS, setor nilai, terima KHS juga harus dapet, tidak boleh ada yang terganggu,” papar Nurhasan.

Awalnya, aplikasi Virtual Learning yang dimiliki Unesa hanya dipakai untuk sistem pembelajaran online. Sejak keluar surat edaran per tanggal 14 Maret 2020, Unesa sudah mulai memakai aplikasi ini untuk kuliah online.

Tapi, untuk rapat tenaga pendidik dan sidang skripsi, Unesa masih menerapkan sistem tatap muka. Setelahnya, beralih ke aplikasi seperti google meet dan zoom.

Tapi, sejak Kamis (19/3/2020) lalu, Virtual Learning dikembangkan oleh Pusat Pengembangan Teknik Informasi (PPTI) Unesa agar bisa digunakan juga untuk meeting dan sidang skripsi di seluruh fakultas.

Untuk sidang skripsi, aplikasi ini memungkinkan ada dua room dalam satu waktu. Room pertama berisikan tiga dosen penguji dan satu mahasiswa. Sedangkan room kedua hanya berisikan dosen penguji yang digunakan mereka untuk mendiskusikan nilai skripsi mahasiswa bersangkutan.

Sejak diterapkannya sistem ini, per hari Minggu (22/3/2020) sudah ada hampir 50 mahasiswa mengikuti sidang skripsi online di Unesa.

Hingga kini, Nurhasan belum bisa memberi kepastian kapan kebijakan belajar di rumah akan berlangsung. Kemungkinan kebijakan ini akan berlangsung hingga semester genap berakhir atau sekitar mei akhir. (rofiq/cb)