Dewas Akan Periksa Ketua WP KPK

Dewas Akan Periksa Ketua WP KPK Ketua WP KPK, Yudi Purnomo/net

Jakarta, INc - Ketua Wadah Pegawai (WP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Yudi Purnomo dipanggil KPK terkait masalah kode etik. Yudi mengaku akan langsng menghadap Ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK di gedung KPK lama.  

Yudi akan diperiksa Dewas atas laporan koleganya berinisial IS. IS menuding Yudi menyebarkan info ke publik soal pengembalian Komisaris Rossa Purbo Bekti ke Kepolisian.

Namun, Yudi berdalih tidak ada kode etik pegawai telah dilanggar, dia menyayangkan atas laporan tersebut, sebab berbicara mentasnamakan nama ketua pegawain KPK. Bukan sebagai penyidik KPK

"Saya siap hadir di gedung KPK lama," ujar Yudi Purnomo melalui pesan singkat, Rabu (18/03/2020).

Yudi menjelaskan yang tidak boleh membicarakan kasus merupakan kasus yang sedang ditangani kepada publik dan media, namun bagi saya ini sudah jadi resiko sebagai ketua WP.

Yudi menguraikan saat ini Kompol Rossa masih menunggu banding atas keberatan dirinya yang dipulangkan oleh KPK ke institusi Polri.

Diktehui, Rossa merupakan penyidik yang terlibat operasi tangkap tangan di kasus Harun Masiku. Kemudian dipulangkan ke Mabes Polri beberapa hari setelah operasi.

Namun, KPK tak membatalkan pemulangan, kendati Mabes Polri mengirimkan surat pembatalan sebanyak dua kali. Yudi lalu melaporkan Ketua KPK Firli Bahuri atas dugaan konflik kepentingan dalam pemulangan Rossa pada akhir Februari 2020.

Sampai saat ini, tidak ada kabar Dewas telah memeriksa Firli beberapa hari setelah pelaporan itu.

Dan malah Yudi dilaporkan balik oleh IS ke Dewas dengan tudingan membocorkan informasi pemulangan Rossa. Hingga Dewas akan melakukan pemeriksa terhadap Yudi. (ram)