DAK Fisik Pamekasan Tidak Cair

DAK Fisik Pamekasan Tidak Cair Muharrom (foto: yan)

Pamekasan, INc – Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik tahun 2019 milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan sebesar Rp2 miliar, dipastikan tidak akan ditransfer pemerintah pusat. Masalahnya, pemda setempat tidak berhasil memenuhi syarat penyaluran DAK fisik hingga batas waktu yang telah ditetapkan.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Pamekasan, Muharrom membenarkan DAK fisik pengaspalan tidak akan ditransfer seluruhnya.

"Dokumen persyaratannya tidak terpenuhi oleh pihak ketiga (CV)," kata Muharrom kepada jurnalis, kemarin.

Muharrom mengatakan, besaran DAK fisik yang sudah positif tidak akan ditransfer pemerintah pusat sebesar Rp2 miliar lebih milik dua paket proyek.

"Dua miliar itu untuk dua paket, satunya sekitar Rp1,2 miliar dan satunya sisanya," ungkap dia.

Muharrom membantah kegiatan PUPR yang tidak berhasil dilakukan kontrak ada kongkalikong antara dinas dengan pihak ketiga. Menurutnya, di era globalisasi dan serba keterbukaan publik mustahil PUPR bermain.

"Mau bermain gimana, wong sekarang online semua. Jadi ketika pihak kontraktor masuk dan ternyata ada berkas yang kurang otomatis tertolak dengan sendirinya," tukas Muharrom

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kabupaten Pamekasan seolah tidak mempunyai beban dan tanggungjawab jika DAK fisik yang dipastikam gagal merugikan masyarakat.

"Iya yang jelas pasti masyarakat yang dirugikan, tapi mau gimana lagi," tutup Muharrom. (yan)