Desember, KemenPAN Akan Mulai Pangkas Eselon

Desember, KemenPAN Akan Mulai Pangkas Eselon  KemenPAN, Tjahjo Kumolo (foto:net)

Jakarta, INc ­– Keinginan Presiden Jokowi untuk memangkas struktur pejabat eselon di lingkungan pemerintah, akan disambut positif Kementerian PANRB. Sekretaris Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB Eddy Syah Putra mengatakan bahwa Menteri Tjahjo akan menyampaikan kesiapan pihak nya melakukan perampingan eselonisasi.

Penyampaian kesiapan tersebut jelas Eddy akan disampaikan pada acara anugerah ASN di TVRI, 2 Desember 2019 mendatang. Saat ini Menpan mempersiapkan segala sesuatunya target nya tahun ini, yakni pada bulan Desember pasca dilakukan pelantikan.

“Pak menteri (Tjahjo Kumolo) menyampaikan nanti ada pelantikan yang akan menyesuaikan peralihan dari struktural ke fungsional di KemenPAN," kata Eddy di Kabupaten Bogor, Sabtu (30/11/2019).

Dengan begitu apa yang dilakukan Kementrian PANRB akan menjadi contoh sebagaimana yang telah disampaikan pak Tjahjo kepada Presiden Jokowi. Untuk itu lanjut Eddy Kementrian PANRB saat ini tengah menyusun beberapa regulasi terkait pengalihan jabatan struktural ke fungsional tersebut.

Penyusunan itu urai, Eddy tidaklah mudah karena banyaknya ketentuan atau aturan yang harus dikeluarkan pun juga bagaimana karir seseorang ketika sudah tidak ada di struktural, mengingat pak menteri menyatakan akan mencoba melakukannya tahun ini.

"Kita emang prioritaskan intsruksi presiden sehingga menPAN saya kira sudah siap,” tegas Eddy.

Eddy menuturkan tidak hanya internal Kementerian PANRB saja untuk melakukan pemangkasan, tapi pihaknya juga meminta usulan kepada kementerian/lembaga lain posisi apa kiranya yang tidak perlu dilakukan pemangkasan eselon.

"Semoga saja mempercepat proses evaluasi dengan KemenPAN setalah ada beberapa pertimbangan," tutup Eddy. (ram)