Pilkada Surabaya 2020. Calon Panwascam Wajib Kantongi Surat Bebas Narkoba

Pilkada Surabaya 2020. Calon Panwascam Wajib Kantongi Surat Bebas Narkoba

Surabaya, Inc – Pendaftran calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dalam Pilkada Surabaya 2020 sudah mulai dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surabaya. Salah satu syaratnya, calon pendaftar wajib menyerahkan surat keterangan sehat rohani dan bebas penyalahgunaan narkoba dari puskesmas atau rumah sakit.

Hal tersebut ditegaskan Koordinator Divisi Hukum Data dan Informasi, Komisioner Bawaslu Surabaya Yaqub Baliyya kepada jurnalis, Rabu (27/11/2019)

"Calon anggota panwas kecamatan wajib menyerahkan surat keterangan sehat rohani dan surat bebas penyalahgunaan narkotika kepada Pokja Pembentukan Panwas Kecamatan sebelum pelantikan apabila terpilih," tegas Yaqub di Surabaya.

Penegasan Yaqub tersebut berdasarkan Surat Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 0518/K.Bawaslu/Tu.00.01/XI/2019 perihal Petunjuk Teknis Pelaksanaan Tes Tertulis bagi Panwas Kecamatan dalam Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota Tahun 2020.

Yaqub menyebut, calon anggota Panwascam baru bisa mengikuti tes tertulis dan tes wawancara apabila sudah melengkapi persyaratan dan memenuhi syarat seperti halnya surat keterangan sehat rohani dan bebas penyalahgunaan narkoba.

Hingga berita ini diunggah, yang sudah mengambil formulir pendaftaran anggota Panwascam di sekretariat Bawaslu Surabaya sekitar 60 orang lebih, tetapi tidak menutup kemungkinan ada yang mengunduh melalui laman Bawaslu setempat.

"60 pendaftar itu kebanyakan yang dekat dengan kantor Bawaslu Surabaya," kata Yaqub.

Terkait pemenuhan kuota di 31 kecamatan se Surabaya, Yaqub mengatakan pendaftaran akan diperpanjang untuk kecamatan yang kurang memenuhi kuota. "Tapi kalau sudah memenuhi kuota ya ditutup," jawab Yaqub.

Perlu diketahui, sesuai tahapan dan jadwal pembentukan Panwascam Pilkada Surabaya 2020 pengumuman pendaftaran dilaksanakan pada 13-26 November 2019, pendaftaran dan penerimaan berkas 27 November hingga 3 Desember dan untuk penelitian kelengkapan berkas persyaratan administratif dilaksanakan pada 27 November-4 Desember 2019.

Pengumuman hasil penelitian administrasi 12 Desember 2019. Baru setelah itu tanggapan dan masukan dari masyarakat pada 12-15 Desember 2019. Tes tulis dan wawancara dilaksanakan pada 13 Desember 2019 dan pengumuman hasil tes wawancara pada 18 Desember 2019. Panwascam yang terpilih selanjutnya akan dilantik pada 20-21 Desember 2019. (cb)