Krisis Air Bersih di Pamekasan

Krisis Air Bersih di Pamekasan Truk pengangkut air bersih di Desa Pamoroh, Pamekasan (foto: yanto)

Kemarau panjang yang terjadi di beberapa daerah di Pamekasan sebabkan terjadinya krisis air bersih.

Pamekasan, INc – Kesulitan masyarakat untuk mendapatkan air bersih menyentuh hati Ketua DPD Pemuda Lira Pamekasan, Ach Yanto, untuk ikut berbagi air bersih kepada warga Dusun Preng-Ampel dan Dusun Oray Timur, Desa Pamoroh. Kegiatan sosial kemanusiaan ini bekerjasama dengan BPBD dan PMI Kabupaten Pamekasan.

Salah satu wujud kepedulian DPD Pemuda Lira Pamekasan adalah mendistribusikan air bersih gratis kepada warga yang kurang mampu melalui BPBD Dan PMI Kabupaten Pamekasan.

Adapun sasaran pertama adalah kebutuhan orang meninggal tepatnya dusun Preng Ampel Desa Pamaroh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan, Senin (22/11/2019).

Warga berbondong-bondong Desa Pamoroh mendapatkan bantuan air bersih (foto: yanto)

Ach Yanto menjelaskan pendistribusian air bersih yang dilakukan oleh melalui BPBD Dan PMI Kabupaten Pamekasan disambut dengan senang hati. Seperti yang dirasakan oleh Muhammad sekeluarga yang lagi berduka cita.

"Kami sangat berterima kasih kepada BPBD Dan PMI  Kabupaten Pamekasan, karena telah memberikan bantuan air bersih kepada kami, Bantuan air bersih yang diberikan sangat berharga bagi kami karna disini kami lagi Berdukacita," ujar Muhammad.

Staf BPBD kabupaten Pamekasan, Budi Cahyono mengatakan, pihaknya sangat prihatin sekali ketika menyaksikan langsung kerumunan warga, yang terdiri dari ibu-ibu dan bapak- bapak berbondong-bondong saat melayat keluarga yang lagi berduka, dan ternyata sedang menunggu bantuan air bersih untuk memandikan janazah.

"Kami menunggu kabar, karena kami tidak tahu apabila tidak ada yang membantu melaporkan/ permintaan," ujar Budi Cahyono di lokasi saat memantau pendistribusian air bersih, kepada ininusantara.com

Menurut Ach Yanto, bantuan air bersih yang disalurkan oleh BPBD Dan PMI Kabupaten Pamekasan ini bertujuan untuk membantu warga yang membutuhkan air bersih di mana sekarang telah terjadi kemarau yang panjang. (yanto)