Presiden Jokowi Resmi Tunjuk 12 Staf Khusus

Presiden Jokowi Resmi Tunjuk 12 Staf Khusus Tujuh staf khusus Presiden Jokowi berpose bersama (foto: net)

Jakarta, INc – Tugas staf khusus ini, membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam periode lima tahun ke depan. Adapun, dari 12 nama tersebut, tujuh di antaranya berkategori milenial, dua nama baru, dan tiga nama lama.

Jika dirinci, ke-tujuh milenial tersebut adalah Putri Tanjung (CEO dan Founder Creativepreneur), Adamas Belva Syah Devara (Pendiri Ruang Guru), Ayu Kartika Dewi (Perumus Gerakan Sabang Merauke), Angkie Yudistia - Pendiri Thisable Enterprise (Kader PKPI, difabel tuna rungu).

Selanjutnya Billy Mambrasar (Pemuda asal Papua, penerima beasiswa kuliah di Oxford), Aminuddin Maruf (Aktivis Kepemudaan Mahasiswa, mantan Ketua Pergerakan Mahasiswa Indonesia (PMII)), dan Andri Taufan Garuda (CEO Amartha).

"Ketujuh anak muda ini akan menjadi teman diskusi saya, harian, mingguan, bulanan, berikan gagasan segar inovatif sehingga bisa cari cara baru yang melompat untuk kejar kemajuan, sekaligus menjadi jembatan saya bagi anak muda santri muda diaspora yang tersebar di berbagai tempat," tutur Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Kamis (21/11/2019) sore.

Sementara itu, dua nama baru lainnya yang tidak ikut diperkenalkan di depan publik adalah Arif Budimanta (ekonom Megawati Institute) dan Dini Shanti Purwono (Kader PSI, ahli hukum lulusan Harvard).

Presiden Jokowi menambahkan, staf khusus Presiden yakni Anak Agung Gde Ngurah Ari Dwipayana (akademisi) Sukardi Rinakit (intelektual), dan Diaz Hendropriyono (Ketua Umum PKPI) masih menjabat staf khusus pada periode keduanya kali ini.

Salah seorang yang ramai disebut akan menjadi Staf Khusus Presiden periode 2019-2024 adalah Putri Tanjung anak perempuan Chairul Tanjung pengusaha sukses pemilik sejumlah unit usaha antara lain Trans Corp.

Untuk diketahui, staf khusus presiden adalah lembaga non struktural yang dibentuk untuk membantu pelaksanaan tugas Presiden Republik Indonesia.

Para staf khusus akan melaksanakan tugas tertentu di luar tugas-tugas yang sudah dicakup dalam susunan Kementerian dan instansi pemerintah lainnya. (ivan/cb)