Kerajinan Kulit Kerang, Cinderamata Khas Pantai Kenjeran

Kerajinan Kulit Kerang, Cinderamata Khas Pantai Kenjeran Aneka macam jenis kerajinan dari bahan baku kulit kerang karya masyarakat Bulak Surabaya. (foto: bowo widianto)

SURABAYA, kitanusantara – Destinasi wisata Pantai Kenjeran yang terletak 9 km dari pusat kota Surabaya, memiliki sejumlah oleh-oleh khas masyarakat setempat. Antara lain, aneka macam jenis ikan laut, krupuk rambak, juga kerajinan dari kulit kerang yang banyak dijumpai di bibir pantai.

Saat berkunjung ke Pantai Kenjeran, akan banyak dijumpai kerajinan kulit kerang dengan beraneka macam design, juga warna yang indah. Kerajinan kulit kerang mendongkrak sektor ekonomi masyarakat setempat. Selain ikan laut, pasar kerajinan masyarakat di Kecamatan Bulak ini sudah sampai Jakarta, Bekasi, Makkasar, bahkan tak jarang pula ‘terbang’ ke luar negeri.

Aktifitas pengerajin kulit kerang Kecamatan Bulak di daerah Pantai Kenjeran Surabaya. (foto: bowo widianto)

Kitanusantara.com mencoba mengeksplor komoditi laut yang digeluti masyarakat Kecamatan Bulak

ini. Salah satu adalah Nurhayati pemilik showroom kerajinan kerang, yang mengaku perputaran keuanganya mencapai Rp 7 hingga Rp 10 juta perbulan.

Untuk harga setiap kerajinan kerang bervariasi, mulai termurah Rp 2.000 hingga termahal Rp 150.000, tergantung besar kecil ukurannya, juga tingkat kesulitan pengerjaannya.

“Dulu omset kita bisa lebih besar dari itu, tapi sejak koperasinya tutup sudah tidak ada lagi ekspor keluar negeri lagi. Ya otomatis pendapatan kita menurun,” ungkap pemilik showroom di Jalan Raya Tambak Deres, yang masuk wilayah Kecamatan Bulak ini. (bowo widianto)