Serunya Warga Arak Tikus di Sedekah Bumi Desa Boteng Menganti

Serunya Warga Arak Tikus di Sedekah Bumi Desa Boteng Menganti Ritual Sedekah Bumi Desa Boteng Kecamatan Menganti Gresik, (foto:ean)

Gresik,INc - Tradisi sedekah bumi ini, merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat di pulau Jawa yang sudah berlangsung secara turun-temurun dari nenek moyang terdahulu. Ritual sedekah bumi, biasanya dilakukan oleh masyarakat Jawa yang membidangi perpetanian, juga nelayan. Sebagai sumber penghasilan utama dalam mengais rezeki.

Seperti halnya, Masyarakat Desa Boteng Kecamatan Menganti Gresik, merayakan sedekah bumi dengan mengadakan pawai keliling dan doa bersama,  Jumat (4/10/2019).

Sementara tradisi sedekah bumi ini telah menjadi salah satu ritual tradisional yang berlangsung turun temurun. Gunungan dari hasil kebun yang di bawa masyarakat desa, selanjutnya dikumpulkan di depan rumah Kasun, untuk di arak keliling desa, tampak masyarakat antusias mengikuti pawai keliling.

Ketua Panitia sedekah bumi Desa Boten, Wahyu Nur Cahyo menjelaskan, sedekah bumi merupakan tradisi yang terus dilanggengkan untuk memupuk kebersamaan warga. 

Salah satu peserta pawai yang meramaikan acara sedekah bumi Desa Boteng. (foto:ean) 

"Kegiatan sedekah bumi ini sudah berlangsung bertahun-tahun, kita ingin tetap melestarikan budaya dari leluhur kita," ujar Wahyu yang juga Kasun Desa Boteng.

Wahyu memaparkan, setiap tumpeng raksasa pada ritual sedekah bumi memiliki makna dan maksud masing-masing. Tujuan utamanya adalah kesejahteraan warga.

Lebih lanjut, Kasun mengatakan kegiatan sedekah bumi kali ini dimulai kemarin, Jumat, (4/10/2019) dengan mengadakan istighosah dan pengajian, sekarang acara pawai keliling serta nanti malam ada pagelaran seni Ludruk.

“Sedekah bumi adalah wujud dari rasa syukur masyarakat Desa Boteng atas nikmat yang di berikan Tuhan Yang Maha esa, sehingga masyarakat sini tidak kekurangan sandang,” tutup Wahyu. (ean/ram)